Selasa, 17 Mei 2022

Buatlah Kalimat Untuk Membandingkan Kedua Gambar


Buatlah Kalimat Untuk Membandingkan Kedua Gambar

buatlah kalimat untuk membandingkan kedua gambar ?​

Daftar Isi

1. buatlah kalimat untuk membandingkan kedua gambar ?​


Gambar ke 1: bola yang digunkan dalam olahraga sepakbola lebih besar ukurannya daripada bola yang digunakan pada olahraga tenis meja

Gambar ke 2: ukuran alat yang digunakan dalam bulutnagkis atau disebut raket juga lebih besar daripada olahraga tenis meja yang disebut dengan bet tenis meja

Gambar ke 3: ukuran ring basket lebih kecil dan terletak diatas daripada ukuran gawang pada sepakbola yang lebih lebar

Gambar ke 4: Olahraga basket lebih sering meloncat dan menggunakan tangan dalam menembak bola dibandingkan olahraga sepakbola yang banyak menggunakan kaki serta yang diperbolehkan menggunakan tangan hanya seorang kiper

Pembahasan

Setiap olahraga mempunyai aturan sendiri dalam memainkannya , oleh karena itu setiap perangkat yng digunakan dalam olahraga tersebut juga berbeda beda dan tidak bisa disamakan karena jika disamakan permainan akan menjadi kacau dan tidak menarik untuk disaksikan

Pelajari lebih lanjut Materi tentang penjelasan mengenai olahraga sepakbola: https://brainly.co.id/tugas/15519132 Materi tentang penjelasan mengenai olahraga tenis meja: https://brainly.co.id/tugas/5225598 Materi tentang penjelasan mengenai olahraga bulu tangkis: https://brainly.co.id/tugas/21658498 Materi tentang permainan bola basket : https://brainly.co.id/tugas/25276880

Detail jawaban

Kelas: 9

Mapel: penjaskes

Bab: -

Kode: 9.22

#AyoBelajar

2. buatlah kalimat untuk membandingkan kedua gambar ?​


1. Kalimat yang membandingkan raket bulu tangkis dan raket tenis meja adalah:

Raket bulu tangkis panjang.Raket tenis meja pendek.

2. Kalimat yang membandingkan gawang sepak bola dan keranjang bola basket adalah:

Gawang sepak bola luas dan rendah.Keranjang bola basket sempit dan tinggi.

3. Kalimat yang membandingkan lompatan penjaga gawang dan pemain basket adalah:

Penjaga gawang melompat rendah untuk menangkap bola.Pemain basket melompat tinggi untuk memasukkan bola.

Ukuran, letak dan tinggi lompatan dijadikan pembanding kalimat perbandingan.

Pembahasan

MEMBUAT KALIMAT PERBANDINGAN

Syarat yang harus terpenuhi untuk membuat kalimat yang baik adalah:

Memiliki unsur-unsur kalimat seperti subyek, obyek, predikat, dan keterangan.Menggunakan penulisan yang sesuai dengan EYD.Memilih kata yang tepat (diksi).

Kalimat perbandingan adalah kalimat yang mengandung kata sifat pada setiap benda dimana kata sifatnya saling berlawanan atau antonim. Contoh kata sifat yang berlawanan adalah:

Besar dan kecil.Tinggi dan pendek.Luas dan sempit.Panjang dan pendek.Tua dan muda.

Pada gambar pertama terlihat raket bulu tangkis yang panjang dan raket tenis meja yang pendek. Kalimat perbandingan dapat menggunakan ukuran kedua benda.

Pada gambar kedua terlihat jaring gawang sepak bola dan keranjang bola basket. Terlihat ukuran gawang sepak bola luas dan letaknya rendah. Sedangkan ukuran keranjang bola basket sempit dan letaknya tinggi. Ukuran dan letak kedua benda dapat digunakan sebagai perbandingan.

Pada gambar ketiga terlihat penjaga gawang melompat rendah untuk menangkap bola. Sedangkan pemain basket melompat tinggi untuk memasukkan bola basket. Ukuran lompatan dan keadaan pemain dengan bola dapat dijadikan pembanding.

Pelajari lebih lanjut

Pengertian Kalimat https://brainly.co.id/tugas/20987523Kata Sifat https://brainly.co.id/tugas/278073Sinonim dan Antonim https://brainly.co.id/tugas/8160168

Detail Jawaban

Kelas : III

Mapel : Bahasa Indonesia

Bab : Bermain

Kode : 3.1.6.

#AyoBelajar


3. buatlah kalimat untuk membandingkan kedua gambar​


Jawaban:

- Gambar atas adalah foto lapangan sesudah Covid-19 melanda

- Gambar bawah adalah foto dimana covid-19 melanda

Penjelasan:

mengapa demikian? karena setelah wabah covid-19 melanda,pemerintah menerapkan PSBB.Jadi kita dilarang keluar rumah jika tidak terlalu penting dan selalu menjaga jarak antar orang

1pukulan badminton lebih panjang di bandingkan dengan tennis meja

2.ring basket lebih tinggi daripada gawang

3.permainan basket lebih banyak menggunakan tangan daripada sepak bola

4. SMA ATAU SMK?Sebagai orang tua pasti ingin anaknya mendapatkan yang terbaik dalam hal apapun terutama hal sekolah. Saat anak duduk dibangku SMP, bukan hanya orang tua saja yang bingung mencari sekolah lanjutan, namun untuk siswa kelas 9 itu sendiri juga sangat kebingungan untuk memilih sekolah lanjutan yang akan dipilih.Untuk memilih sekolah lanjutan apakah SMA atau SMK tidak boleh sembarangan. Harus sangat memperhatikan kekurangan dan kelebihan masing-masing sekolah pilihan sebelum kita memilih dan mendaftarnya.Banyak alasan-alasan yang dapat memperkuat langkah dan pilihan kita antara SMA atau SMK.Alasan pertama yang menjadi pertimbangan adalah kita sudah tahu bahwa lulusan SMK lebih mudah dan juga lebih siap untuk bekerja setelah lulus sekolah dibandingkan dengan lulusan SMA.Ini dikarenakan di SMK siswa tidak diajarkan teori untuk mendalami jurusan saja namun juga dibekali kemampuan praktek yang sangat berharga untuk menambah pengalaman dan juga gambaran nyata mengenai dunia kerja nanti.Seperti yang sudah kita dengar, siswa SMK sering mengadakan PKL (Praktek Kerja Lapangan) yang juga sering disebut magang.Sedangkan di SMA, siswa hanya diajarkan mengenai teoritik yang mendalam pada bidangnya dan tidak mempelajari kemampuan praktek.Hal ini membuat lulusan SMA harus melanjutkan ke Kuliah dahulu jika ingin memiliki atau mendapatkan sebuah pekerjaan. Banyak orang yang beranggapan seorang lulusan SMK tidak dapat melanjutkan ke jenjang kuliah, pendapat ini sangat salah.Karena lulusan SMK juga bisa melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi seperti halnya lulusan SMA.Banyak kelebihan masuk SMK, siswa yang mempunyai hardskill kemampuan kejuruan yang spesifik membuatnya mudah memilih jurusan di perguruan tinggi yang sesuai atau tidak jauh beda dengan jurusannya saat di SMK.Dengan begitu akan lebih mudah mempelajari materi tentang kejuruannya. Sedangkan untuk siswa SMA lebih diajarkan mengenai kemampuan teoritik saja saat di SMA.Namun jika dibandingkan SMA, materi-materi yang diterima oleh siswa SMK tidak seluas dengan materi yang diterima atau diajarkan di SMA. Ini karena di SMK lebih mengarah secara detail ke jurusan yang diambil. Sedangkan pada SMA diajarkan berbagai macam materi pada bidang yang diambil contohnya bidang IPA.Seorang blogger menyampaikan sebuah pendapat “Siswa SMK dapat pengetahuan tidak lebih banyak daripada siswa SMA”.Dari pendapat ini kita bisa berpikir, logika siswa SMA lebih baik dan bagus dibandingkan dengan siswa SMK.Siswa SMK lebih memilih menggunakan langkah cepat atau instan tanpa ada pertimbangan lebih mendalam dalam menghadapi sesuatu.Untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi, lulusan SMK akan lebih dibatasi ruang lingkupnya dibandingkan dengan siswa lulusan SMA. Sehingga banyak siswa SMK sulit masuk atau mendapatkan Perguruan Tinggi. Ini karena ketika memilih jurusan di Perguruan Tinggi lulusan SMK harus memilih jurusan yang sesuai atau tidak jauh bedadengan jurusan yang diambil saat SMK dulu.Meskipun diterima di jurusan lain, lulusan SMK akan mengalami masa sulit saat menerima materi yang diajarkan karena dulu saat di SMK hanya diajari materi mendalam mengenai jurusan yang diambil saat SMK dulu. Dan Lulusan SMA mudah untuk masuk ke Perguruan Tinggi, karena materi yang diajarkan saat SMA hampir mencakup semuanya.Dengan demikian bisa disimpulkan siswa lulusan SMK jauh lebih siap untuk kerja dibandingkan dengan siswa lulusan SMA.Selain itu dari segi biaya, SMK lebih hemat karena bisa langsung bekerja dibandingkan dengan SMA yang harus ke perguruan tinggi dulu sebelum kerja.Namun untuk menentukan pilihan sekolah lanjutan yang akan dipilih itu semuanya tergantung dari minat, kemampuan dan juga bakat kita sendiri.Teks tanggapan kritik sangat penting karena mampu mewakili kritikan terhadap suatu hal atau suatu peristiwa. Jika kritikan dengan kata-kata akan lebih mudah menyinggung berbagai pihak, dengan menggunakan teks tanggapan kritis lebih menurunkan resiko tersebut.Karena didalam tulisan emosi dalam berpendapat tidak akan mudah untuk diketahui berbeda dengan penyampaian melalui kata-kata.Selain itu tip tanggapan kritis ini juga membantu untuk menyimpulkan suatu kejadian atau peristiwa. Anda juga akan lebih mudah untuk mengambil keputusan setelah menulis teks tanggapan kritis karena terdapat perbandingan dua pendapat didalamnya.1. Carilah 2 kalimat tanggapan menolak!


2 kalimat tanggapan menolak :
1. meskipun diterima di jurusan lain ,lulusan SMK akan mengalami masa sulit saat menerima materi yang diajarkan karena dulu saat SMK hanya diajari materi mendalam mengenai jurusan yang di ambil saat SMK dulu .
2.dari pendapat ini kita bisa berfikir bahwa logika siswa SMA lebih baik dan bagus dibandingkan siswa SMK

5. buatlah kalimat untuk membandingkan kedua gambar yang di atas ​


jawaban:

gambrgawangboladengnshootingituberbedadikarnakangawangbolauntukmemasukannyasecaradtendangjikashootingmemakaitangn

penjelasan:

(shootingadalahistilahmemasukanbolakedalamring)

maafjika.salah

Jawaban:

tidak tau karna saya masih smp


6. 1. Perbandingan pola penyajian kedua teks di atas adalah ....Teks 1Teks 2a. Diawali dengan tujuan yang ingin Diawali tujuan yang memaparkan pengantardicapai, yakni menghindari kerugian mengenai pembuatan ikat rambut diikuti olehdan mendapat sanksi sesuai peraturan pemaparan alat dan bahan yang diperlukansaat ditilang diikuti dengan langkah- serta langkah-langkah yang merupakan caralangkah yang harus dilakukan untuk pembuatan.mencapai tujuan.b. Gambaran awal untuk tujuan sebuah Alat dan bahan yang dikemukakan dalam teksteks terlalu banyak menggunakan tidak rinci. Sementara itu, langkah-langkahkalimat tanya. Sementara itu, langkah- yang disajikan telah sesuai dengan tujuan, yaknilangkah yang disebutkan masih dapat menghasilkan ikat rambut.berpindah posisi.c. Ketidakjelasan tujuan yang ingin Tujuan yang ingin dicapai dalam teks dipaparkandicapai oleh teks sehingga langkah- dengan jelas sehingga langkah-langkah yanglangkahnya menjadi tidak konkret disajikan runtut dan mudah dipahami.untuk dilaksanakan.d. Bagian tujuan tidak jelas karena Pernyataan umum berisi tujuan yang ingintidak menyajikan pernyataan umum dicapai, yakni untuk membuat ikat rambut dansehingga langkah-langkah yang diikuti dengan langkah-langkah yang harusdisajikan tidak padu.dilakukan untuk mencapai tujuan.e. Penegasan ulang berisi harapan dan Penegasan ulang tidak dikemukakan dalam teks,manfaat apabila petunjuk tersebut hanya terdiri atas langkah-langkah membuat ikatdijalankan dengan baik.rambut.2. Informasi yang diungkapkan pada teks 1 adalah ....​


Jawaban:

2

Penjelasan:

gambar awal untuk tujuan sebuah alat dan bahan yang di kemukakan dalam teks


7. Kalian telah mengamati dua contoh Infografik "Tip Waktu Makan Ideal dan "Lebih Baik Bawa Bekal tersebut sekarang diskusikan dengan teman kalian dengan panduan pertanyaan berikut! Mana Infografik yang berisi perintah dan ajakan? 2. Tuliskan kalimat yang menguatkan alasan pemilihanmu tersebut 3 Jelaskan mengapa kalimat tersebut merupakan ciri teks prosedur Kedua Infografik tersebut memilid sajian visual yang berbeda. Kalian dapat mengamati warna, gambar dan peletakan gambar-gambar tersebut Tuliskan pengamatan kalian pada tabel di bawah ini Tabel 32 Perbandingan Indografik Nama Kelas Integratil Infografik No Jadual Infografik *Tip Waktu Makan Lebih Baik Bawa Ideal 1 Pesan apakah yang ingin diberikan oleh pembuat Infografik ini? 2 Jenis Informasi apakah yang digunakan pembuat Infografik untuk mencapai pesan tersebut? 3. Apakah gambar pada Infografik mendukung informasi tersebut? 4 Apakah pemilihan bentuk dan ukuran huruf telah mendukung kejelasan informasi pada Infografik 5 Apakah informasi telah disampaikan dengan kalimat yang jelas dan dapat menyampaikan pesan pembuat Infografik? 6. Menurut saya, Infografik yang menyampaikan pesan melalui gambar dan teks dengan lebih jelas adalah Dengan menyampaikan pendapat terhadap Infografik kalian berlatih memaparkan analisis tentang kejelasan isi teks yang tersaji dalam bentuk tulis dan visual​


Jawaban:

Pertanyaan merupakan pertanyaan ambigu karena tidak memuat kutipan teks yang dimaksud sehingga tidak dapat dijawab. Maka saya akan menjelaskan apa itu infografik secara garis besar.

Penjelasan:

Infografik adalah sebuah visualisasi informasi berupa grafik, gambar dengan sedikit tulisan atau teks. Infografik merupakan bentuk komunikasi visual sehingga lebih menarik untuk audiens.

Jenis infografik:

Statistical Infographic: untuk memperjelas konten dengan angkaList Infographic: berisi daftarTimeline Infographic: daftar infografik berupa poin-poin yang berurutanGeographic Infographic: gambaran petaComparison Infographic: visualisasi perbandinganFlowchart Infographic: pertanyaan-pertanyaan yang menuju pada solusi

Materi tentang infografik dapat disimak pada link berikut ini https://brainly.co.id/tugas/45868142

#BelajarBersamaBrainly


8. Bandingkan kedua gambar berikut.Buatlah kalimat untuk membandingkan keduagambar.ContohBola sepak besar.Bola pingpong kecil.​


Jawaban:

a.

b.

Penjelasan:

bola sepak sangatlah besar karna bola twrsebut alan di tendang dan di tangkap oleh kiper serta dimainkan di lapangan yang besar.

sedangkan bola pingpong sangat kecil dia gunakan untuk media yang lebih kecil.


9. SMA ATAU SMK?Sebagai orang tua pasti ingin anaknya mendapatkan yang terbaik dalam hal apapun terutama hal sekolah. Saat anak duduk dibangku SMP, bukan hanya orang tua saja yang bingung mencari sekolah lanjutan, namun untuk siswa kelas 9 itu sendiri juga sangat kebingungan untuk memilih sekolah lanjutan yang akan dipilih.Untuk memilih sekolah lanjutan apakah SMA atau SMK tidak boleh sembarangan. Harus sangat memperhatikan kekurangan dan kelebihan masing-masing sekolah pilihan sebelum kita memilih dan mendaftarnya.Banyak alasan-alasan yang dapat memperkuat langkah dan pilihan kita antara SMA atau SMK.Alasan pertama yang menjadi pertimbangan adalah kita sudah tahu bahwa lulusan SMK lebih mudah dan juga lebih siap untuk bekerja setelah lulus sekolah dibandingkan dengan lulusan SMA.Ini dikarenakan di SMK siswa tidak diajarkan teori untuk mendalami jurusan saja namun juga dibekali kemampuan praktek yang sangat berharga untuk menambah pengalaman dan juga gambaran nyata mengenai dunia kerja nanti.Seperti yang sudah kita dengar, siswa SMK sering mengadakan PKL (Praktek Kerja Lapangan) yang juga sering disebut magang.Sedangkan di SMA, siswa hanya diajarkan mengenai teoritik yang mendalam pada bidangnya dan tidak mempelajari kemampuan praktek.Hal ini membuat lulusan SMA harus melanjutkan ke Kuliah dahulu jika ingin memiliki atau mendapatkan sebuah pekerjaan. Banyak orang yang beranggapan seorang lulusan SMK tidak dapat melanjutkan ke jenjang kuliah, pendapat ini sangat salah.Karena lulusan SMK juga bisa melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi seperti halnya lulusan SMA.Banyak kelebihan masuk SMK, siswa yang mempunyai hardskill kemampuan kejuruan yang spesifik membuatnya mudah memilih jurusan di perguruan tinggi yang sesuai atau tidak jauh beda dengan jurusannya saat di SMK.Dengan begitu akan lebih mudah mempelajari materi tentang kejuruannya. Sedangkan untuk siswa SMA lebih diajarkan mengenai kemampuan teoritik saja saat di SMA.Namun jika dibandingkan SMA, materi-materi yang diterima oleh siswa SMK tidak seluas dengan materi yang diterima atau diajarkan di SMA. Ini karena di SMK lebih mengarah secara detail ke jurusan yang diambil. Sedangkan pada SMA diajarkan berbagai macam materi pada bidang yang diambil contohnya bidang IPA.Seorang blogger menyampaikan sebuah pendapat “Siswa SMK dapat pengetahuan tidak lebih banyak daripada siswa SMA”.Dari pendapat ini kita bisa berpikir, logika siswa SMA lebih baik dan bagus dibandingkan dengan siswa SMK.Siswa SMK lebih memilih menggunakan langkah cepat atau instan tanpa ada pertimbangan lebih mendalam dalam menghadapi sesuatu.Untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi, lulusan SMK akan lebih dibatasi ruang lingkupnya dibandingkan dengan siswa lulusan SMA. Sehingga banyak siswa SMK sulit masuk atau mendapatkan Perguruan Tinggi. Ini karena ketika memilih jurusan di Perguruan Tinggi lulusan SMK harus memilih jurusan yang sesuai atau tidak jauh bedadengan jurusan yang diambil saat SMK dulu.Meskipun diterima di jurusan lain, lulusan SMK akan mengalami masa sulit saat menerima materi yang diajarkan karena dulu saat di SMK hanya diajari materi mendalam mengenai jurusan yang diambil saat SMK dulu. Dan Lulusan SMA mudah untuk masuk ke Perguruan Tinggi, karena materi yang diajarkan saat SMA hampir mencakup semuanya.Dengan demikian bisa disimpulkan siswa lulusan SMK jauh lebih siap untuk kerja dibandingkan dengan siswa lulusan SMA.Selain itu dari segi biaya, SMK lebih hemat karena bisa langsung bekerja dibandingkan dengan SMA yang harus ke perguruan tinggi dulu sebelum kerja.Namun untuk menentukan pilihan sekolah lanjutan yang akan dipilih itu semuanya tergantung dari minat, kemampuan dan juga bakat kita sendiri.Teks tanggapan kritik sangat penting karena mampu mewakili kritikan terhadap suatu hal atau suatu peristiwa. Jika kritikan dengan kata-kata akan lebih mudah menyinggung berbagai pihak, dengan menggunakan teks tanggapan kritis lebih menurunkan resiko tersebut.Karena didalam tulisan emosi dalam berpendapat tidak akan mudah untuk diketahui berbeda dengan penyampaian melalui kata-kata.Selain itu tip tanggapan kritis ini juga membantu untuk menyimpulkan suatu kejadian atau peristiwa. Anda juga akan lebih mudah untuk mengambil keputusan setelah menulis teks tanggapan kritis karena terdapat perbandingan dua pendapat didalamnya.1. Carilah 2 kalimat yang mendukung!


Lebih baik SMK Jika tidak mau lagi lanjut kuliah Karena sudah mendapatkan jurusan di SMK Sedangkan SMA Harus di lanjutkan ke jenjang kuliah agar mendapatkan kerja dengan gelar S1,S2,S3SMA kebanyakan orang tua memilih jurusan SMa karena lebih bertujuan

10. tolong bantuin saia please(╥﹏╥).point lumayan1. Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam system gerak. Organ gerak tersusun atas organ gerak aktif dan organ gerak pasif. Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya. Ide pokok pada paragraph di atas terletak pada … paragraph a. Awal b. Tengah c. Akhir d. Bawah 2. Kalimat yang tidak dapat digunakan untuk mengembangkan ide pokok “organ gerak terdiri atas dua macam”.a. organ gerak pasif yaitu tulangb. organ gerak aktif adalah ototc. tulang dan otot memiliki fungsi yang sama dalam system gerakd. manusia tidak dapat melakukan aktivitas tanpa organ gerak4. Ikan memiliki sistem gerak yang unik. Sistem gerak pada ikan berbeda dengan hewan vertebrata lainnya. Hal tersebut dikarenakan habitat ikan adalah di air.Kalimat utama pada paragraf di atas adalah …a. Sistem gerak ikan berbeda dengan hewan vertebrata lainnya.b. Habitat ikan adalah di air.c. Ikan memiliki system gerak yang unik.d. Ikan berbeda dengan hewan vertebrata yang lain.5. Hal yang harus diperhatikan dalam menentukan ide pokok berdasarkan gambar adalaha. Ukuran gambarb. Jumlah gambarc. Situasi dalam gambard. Warna gambar6. Hal yang harus diperhatikan dalam membuat cerita pendek berdasarkan ide pokok adalah …a. Judul bacaanb. Ejaan dan pemilihan katac. Kalimat penjelasd. Tanda baca7. Banyak barang di sekitar kita yang terbuat dari tanah liat. Seperti cobek, vas bunga, kendi, teko, dan cangkir. Bahkan ada juga meja dan kursi yang terbuat dari tanah liat. Barang-barang yang terbuat dari tanah liat memiliki nilai seni dan keindahan tersendiri dibandingkan dengan barang-barang yang terbuat dari bahan lainnya.Ide pokok paragraph di atas adalaha. Cara membuat kerajinan tanah liatb. Daerah penghasil kerajinan tanah liatc. Macam-macam peralatan dari tanah liatd. Proses pengolahan tanah liat8. Berikut ini yang termasuk contoh cerita pendek adalaha. Laporanb. Teks sejarahc. Tulisan yang berasal dari cerita pengalaman pribadid. Tulisan ilmiahMapel: BHS IDNSyarat menjawab:- Jangan bahasa alien- Jawaban lengkap- No ngasal- Jangan ambil point doang- Yg ga bisa tolong jangan dijawabSelamat mengerjakanterimakasih:D​


Jawaban:

1. b. ditengah

2. d. manusia tidak dapat melakukan aktifitas tanoa organ gerak

4. c. ikan memiliki sistem gerak yang unik

5. c. situasi dalam gambar

6. b. ejaan dan pemilihan kata

7. c. macam macam perakatan dari tanah liat

8.b. teks sejarah

Penjelasan:

maaf kalok salah


11. Pada gambar a terlihat para petani di persawahan sedang panen padi pada gambar b terlihat buruh pabrik sedang membuat barang elektronik a susunlah lima pertanyaan terbuka tentang perbandingan kedua gambar diatas terkait dengan aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan b. Jawablah setiap pertanyaan dengan beberapa kalimat yang membentuk satu paragraf satu paragraf untuk menjawab 1 pertanyaan c. Gunakanlah beberapa referensi pendukung d. Hubungkanlah paragraf yang satu dan paragraf yang lain hingga membentuk suatu karangan ilmiah Tolong Dijawab Dengan Benar Yak!​


Jawaban:

D. hubungkan lah paragraf yang satu dengan yang lain hingga membentuk suatu karangan ilmiah

Penjelasan:

maaf kalau salah


12. Buatlah kalimat untuk membandingkan kedua gambar #jawab dgn benar #asal jawab kena azab


Jawaban:

Penjelasan:

1. Raket tenis panjang dan lebar

Raket pingpong pendek dan kecil

2. Gawang sepakbola panjang dan besar

Gawang basket / ring basket pendek dan kecil

3. Anak menendang bola sepakbola ke dalam gawang

Anak memasukan bola basket kedalam ring

Semoga membantu :)


13. Tuliskan 2 kalimat tunggal dan 2 kalimat majemuk yang dapat kamu temukan dari bacaan. 1. Kalimat Tunggal: 2. Kalimat Tunggal:3. Kalimat Majemuk: 4. Kalimat MajemukBatik saat ini sudah menjadi ciri khas Indonesia. Batik tidak hanya ada di Jawa, melainkan hampir di setiap daerah ada batik. Berdasarkan prosesnya, batik dibedakan menjadi dua: batik yang dihasilkan dengan proses menggambar langsung di kain atau yang disebut batik tulis dan batik yang dihasilkan dengan proses mencap atau yang disebut batik cap atau batik cetak (printing).Secara umum, proses pembuatan batik melalui tiga tahapan yaitu pewarnaan, pemberian malam (lilin) pada kain, dan pelepasan lilin dari kain. Pada awalnya, kain putih yang akan dibatik dapat diberi warna dasar sesuai dengan selera kita atau tetap berwarna putih sebelum kemudian diberi malam. Proses pemberian malam ini dapat menggunakan batik tulis dengan canting tangan atau dengan proses cap. Pada bagian kain yang diberi malam maka proses pewarnaan pada batik tidak dapat masuk karena tertutup oleh malam (wax resist).Setelah diberi malam, batik dicelup dengan warna. Proses pewarnaan ini dapat dilakukan beberapa kali sesuai keinginan, berapa warna yang diinginkan. Jika proses pewarnaan dan pemberian malam selesai maka malam dilunturkan dengan proses pemanasan. Batik yang telah jadi direbus hingga malam menjadi leleh dan terlepas dari air. Proses perebusan ini dilakukan dua kali, yang terakhir dengan larutan soda ash untuk mematikan warna yang menempel pada batik, dan menghindari kelunturan. Setelah perebusan selesai, batik direndam air dingin dan dijemur.Dilihat dari prosesnya, batik tulis lebih rumit dan memerlukan waktu yang lama dibanding batik cap. Tidak heran jika harga batik tulis jauh lebih mahal dibanding batik cap.Sumber Teks Eksplanasi:Waluyo, Budi. 2013. Bahasa dan Sastra Indonesia 1 untuk Kelas VII SMP dan MTs. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.


Jawaban:

mejemuk:

1.batik direndam air dingin dan dijemur.

2.batik cap atau batik cetak

tunggal:

1.batik dicelup dengan warna.

2 Proses perebusan ini dilakukan dua kali,

Penjelasan:

maap klo slh;)


14. SMA ATAU SMK?Sebagai orang tua pasti ingin anaknya mendapatkan yang terbaik dalam hal apapun terutama hal sekolah. Saat anak duduk dibangku SMP, bukan hanya orang tua saja yang bingung mencari sekolah lanjutan, namun untuk siswa kelas 9 itu sendiri juga sangat kebingungan untuk memilih sekolah lanjutan yang akan dipilih.Untuk memilih sekolah lanjutan apakah SMA atau SMK tidak boleh sembarangan. Harus sangat memperhatikan kekurangan dan kelebihan masing-masing sekolah pilihan sebelum kita memilih dan mendaftarnya.Banyak alasan-alasan yang dapat memperkuat langkah dan pilihan kita antara SMA atau SMK.Alasan pertama yang menjadi pertimbangan adalah kita sudah tahu bahwa lulusan SMK lebih mudah dan juga lebih siap untuk bekerja setelah lulus sekolah dibandingkan dengan lulusan SMA.Ini dikarenakan di SMK siswa tidak diajarkan teori untuk mendalami jurusan saja namun juga dibekali kemampuan praktek yang sangat berharga untuk menambah pengalaman dan juga gambaran nyata mengenai dunia kerja nanti.Seperti yang sudah kita dengar, siswa SMK sering mengadakan PKL (Praktek Kerja Lapangan) yang juga sering disebut magang.Sedangkan di SMA, siswa hanya diajarkan mengenai teoritik yang mendalam pada bidangnya dan tidak mempelajari kemampuan praktek.Hal ini membuat lulusan SMA harus melanjutkan ke Kuliah dahulu jika ingin memiliki atau mendapatkan sebuah pekerjaan. Banyak orang yang beranggapan seorang lulusan SMK tidak dapat melanjutkan ke jenjang kuliah, pendapat ini sangat salah.Karena lulusan SMK juga bisa melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi seperti halnya lulusan SMA.Banyak kelebihan masuk SMK, siswa yang mempunyai hardskill kemampuan kejuruan yang spesifik membuatnya mudah memilih jurusan di perguruan tinggi yang sesuai atau tidak jauh beda dengan jurusannya saat di SMK.Dengan begitu akan lebih mudah mempelajari materi tentang kejuruannya. Sedangkan untuk siswa SMA lebih diajarkan mengenai kemampuan teoritik saja saat di SMA.Namun jika dibandingkan SMA, materi-materi yang diterima oleh siswa SMK tidak seluas dengan materi yang diterima atau diajarkan di SMA. Ini karena di SMK lebih mengarah secara detail ke jurusan yang diambil. Sedangkan pada SMA diajarkan berbagai macam materi pada bidang yang diambil contohnya bidang IPA.Seorang blogger menyampaikan sebuah pendapat “Siswa SMK dapat pengetahuan tidak lebih banyak daripada siswa SMA”.Dari pendapat ini kita bisa berpikir, logika siswa SMA lebih baik dan bagus dibandingkan dengan siswa SMK.Siswa SMK lebih memilih menggunakan langkah cepat atau instan tanpa ada pertimbangan lebih mendalam dalam menghadapi sesuatu.Untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi, lulusan SMK akan lebih dibatasi ruang lingkupnya dibandingkan dengan siswa lulusan SMA. Sehingga banyak siswa SMK sulit masuk atau mendapatkan Perguruan Tinggi. Ini karena ketika memilih jurusan di Perguruan Tinggi lulusan SMK harus memilih jurusan yang sesuai atau tidak jauh bedadengan jurusan yang diambil saat SMK dulu.Meskipun diterima di jurusan lain, lulusan SMK akan mengalami masa sulit saat menerima materi yang diajarkan karena dulu saat di SMK hanya diajari materi mendalam mengenai jurusan yang diambil saat SMK dulu. Dan Lulusan SMA mudah untuk masuk ke Perguruan Tinggi, karena materi yang diajarkan saat SMA hampir mencakup semuanya.Dengan demikian bisa disimpulkan siswa lulusan SMK jauh lebih siap untuk kerja dibandingkan dengan siswa lulusan SMA.Selain itu dari segi biaya, SMK lebih hemat karena bisa langsung bekerja dibandingkan dengan SMA yang harus ke perguruan tinggi dulu sebelum kerja.Namun untuk menentukan pilihan sekolah lanjutan yang akan dipilih itu semuanya tergantung dari minat, kemampuan dan juga bakat kita sendiri.Teks tanggapan kritik sangat penting karena mampu mewakili kritikan terhadap suatu hal atau suatu peristiwa. Jika kritikan dengan kata-kata akan lebih mudah menyinggung berbagai pihak, dengan menggunakan teks tanggapan kritis lebih menurunkan resiko tersebut.Karena didalam tulisan emosi dalam berpendapat tidak akan mudah untuk diketahui berbeda dengan penyampaian melalui kata-kata.Selain itu tip tanggapan kritis ini juga membantu untuk menyimpulkan suatu kejadian atau peristiwa. Anda juga akan lebih mudah untuk mengambil keputusan setelah menulis teks tanggapan kritis karena terdapat perbandingan dua pendapat didalamnya.1.) Carilah 2 kalimat yang berisi tanggapan mendukung!2.) Carilah 2 kalimat yang berisi tanggapan menolak!3.) Carilah 2 kalimat yang menggunkan ungkapan informasi!#mintatolongbantuannya


kalimat pedukung maaf kalo salah

15. 1. Kalimat pokok paragraf didukung oleh .... A. kesimpulan B. kalimat penjelas C. kalimat utama D. gagasan pokok 2. Banyaknya ide pokok dalam sebuah paragraf adalah …. A. satu B. dua C. tiga D. empat 3. Rangkaian gambar yang menceritakan suatu peristiwa disebut …. A. ilustrasi B. gambar seri C. poster D. grafik 4. Dalam sebuah paragraf, kalimat utama didukung oleh beberapa …. A. ilustrasi B. kalimat penjelas C. informasi D. data 5. Untuk mengidentifikasi ide pokok suatu paragraf, terlebih dahulu kamu harus menentukan …. A. kesimpulan teks yang dibaca B. kalimat penjelas C. inti dari seluruh paragraf D. kalimat utama Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 6 sampai dengan 10 ! 6. Kalimat utama pada paragraph pertama adalah …. A. perbedaan tersebut disebabkan habitat ikan yang ada di air. B. sistem gerak ikan berbeda jika dibandingkan hewan vertebrata lainnya C. ikan memikiki system gerak yang unik D. ikan dapat berenang karena memanfaatkan bentuk tubuhnya yang unik 7. Ide pokok pada paragraph pertama adalah …. A. keunikan bentuk tubuh ikan B. tempat hidup ikan C. keunikan system gerak ikan D. fungsi lidah ngengat 8. Kalimat utama pada paragraf kedua adalah …. A. ikan dapat berenang karena memanfaatkan bentuk tubuhnya yang unik B. bentuk tubuh tersebut membuat ikan dapat meliuk ke kanan dan ke kiri C. salah satu bentuk tubuh yang aling banyak dimiliki ikan adalah bentuk rudal D. selain itu, bentuk tubuh yang demikian juga berfungsi untuk mengurangi hambatan pada saat ikan bergerak di dalam air 9. Ide pokok pada paragraph kedua adalah …. A. keunikan bentuk tubuh ikan B. tempat hidup ikan C. keunikan system gerak ikan D. fungsi lidah ngengat 10. Perilaku yang harus kita hindari karena bertentangan dengan nilai Pancasila adalah …. A. ingin menang sendiri B. mau bertanya C. mau mencoba D. selalu ingin tahu II. Isilah titik – titik dibawah ini dengan jawaban yang paling tepat ! 11. Sebuah paragraf adalah pengembangan dari .... 12. Dasar yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf disebut .... 13. Langkah awal menentukan ide pokok adalah .... Bacalah paragaraf dibawah untuk menjawab soal nomor 14 dan 15 14. Kalimat utama pada paragraf di atas adalah .... 15. Ide pokok pada paragraf di atas adalah .... III. Jawablah Pertanyaan di bawah ini dengan baik dan benar ! 16. Apa yang dimaksud dengan ide pokok? 17. Bagaimana cara menentukan ide pokok? 18. Jelaskan dimana saja letak ide pokok dalam paragraf? Perhatikan gambar berikut ! 19. Tuliskan beberapa informasi yang kamu dapatkan dari gambar di atas ! 20. Tuliskan sebuah paragraf dengan ide pokok berikut “Gotong royong menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis” !


Jawaban:

1.c

2.A

3.A

4.B

5.A

6.C

7.C

8.A

9.C

10.A

11.Pengembangan paragraf adalah pengembangan kalimat topik ke dalam kalimat-kalimat pengembang. Suatu paragraf dikatakan berkembang atau lengkap jika kalimat topik atau kalimat utama dikembangkan atau dijelaskan dengan cara menjabarkannya.

12.ide pokok

13.menentukan inti dari suatu paragraf

14.

15. kok ngga ada paragraf nya ya

16.IDE pokok adalah ide utama atau inti pembahasan dari suatu paragraf. Pokok pikiran disebut juga gagasan utama, gagasan pokok, atau ide pokok. Pokok pikiran paragraf terdapat pada kalimat utama. Lebih lanjut, paragraf adalah sekumpulan kalimat dalam suatu teks atau karangan.

17.membaca dan menentukan inti / kesimpulan suatu paragraft

18. di awal di tengah dan di akhir paragraf

19. ngga ada gambarnya

20.maaf saya ngga bisd


16. Buatlah kalimat untuk membandingkan kedua gambar 1.bola basket dan bola kasti 2.penghapus dan pensil 3.gelas dan botol Terimakasih yg udh bantu jawab☺️


Jawaban:

bola basket ukurannya lebih besar daripada bola kasti.

penghapus bisa menghapus coretan pensil sedangkan pensil adalah benda untuk membuat suatu coretan.

gelas adalah wadah yang bisa menampung zat atau cairan dan juga tidak memiliki skala dibagian tubuhnya sedangkan botol memiliki kemasan lebih tinggi dan tutupnya sehingga mudah dibawa kemana mana..

kalau salah mohon maaf... semoga berguna


17. bandingkan kedua gambar berikut. buatlah kalimat untuk membandingkan kedua gambar.contoh: bola sepak besar. bola pingpong.​


Jawaban:

1. menggunakan bola kecil

2. menggunakan bola besar

3. dengan cara di tendang dan di lempar

Penjelasan:

maaf kalo salah

jadikan jawaban tercerdas kak

Jawaban:

1. Raket pingpong lebih kecil daripada raket bulutangkis

2. Gawang sepakbola lebih besar daripada gawang bola basket

3. Memasukkan bola di gawang sepak bola dengan cara ditendang sedangkan memasukkan bola basket di gawang bola basket dengan cara di lempar


18. Gambarkan yang digunakan untuk melekatkan memiliki ukuran tertentu apabila belum terlalu kecil dibandingkan apabila terlalu basah tingkat kematangannya kurang baik dalam proses pembuatannya banyak lebih dahulu dibersihkan Sisi kisah kematian dilakukan hingga benar-benar bersih supaya tidak berbau amis setelah dibersihkan menang direndam dalam air garam selama kurang lebih 2 jam sekali dengan baik tulislah kalimat utama paragraf kedua​


Jawaban:

Sisi kisah kematian dilakukan hingga benar benar bersih supaya tidak berbau amis setelah dibersihkan.


19. ayo berlatih1. buatlah kalimat untuk membandingkan kedua gambar berikut!2. tukarkan hasilnya dengan teman sebangkumu!mohon di bantu ka, klo seperti gambar ini cara membuat kalimatnya seperti apa ya??​


Jawaban:

gambarnya tolong dicantumkan ya kak


20. Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 sampai dengan 4 ! Ikan memiliki system gerak yang unik. Jika dibandingkan dengan system gerak hewan vertebrata lainnya, system gerak ikan sangat berbeda. Perbedaan tersebut disebabkan habitat ikan yang ada di air. Jika hewan darat bergerak dengan cara berjalan atau melata, ikan bergerak dengan cara berenang. Ikan dapat berenang karena memanfaatkan bentuk tubuhnya yang unik. Salah satu bentuk tubuh yang paling banyak dimiliki ikan adalah bentuk rudal. Bentuk tubuh tersebut membuat ikan dapat meliuk ke kanan ke kiri. Selain itu, bentuk tubuh yang demikian juga berfungsi untuk mengurangi hambatan pada saat ikan bergerak di dalam air. 1. Kalimat utama pada paragraph pertama adalah …. * 1 poin A. perbedaan tersebut disebabkan habitat ikan yang ada di air. B. sistem gerak ikan berbeda jika dibandingkan hewan vertebrata lainnya C. ikan memikiki system gerak yang unik D. ikan dapat berenang karena memanfaatkan bentuk tubuhnya yang unik 2. Ide pokok pada paragraph pertama adalah …. * 1 poin A. keunikan bentuk tubuh ikan B. tempat hidup ikan C. keunikan system gerak ikan D. fungsi lidah ngengat 3. Kalimat utama pada paragraf kedua adalah …. * 1 poin A. ikan dapat berenang karena memanfaatkan bentuk tubuhnya yang unik B. bentuk tubuh tersebut membuat ikan dapat meliuk ke kanan dan ke kiri C. salah satu bentuk tubuh yang aling banyak dimiliki ikan adalah bentuk rudal D. selain itu, bentuk tubuh yang demikian juga berfungsi untuk mengurangi hambatan pada saat ikan bergerak di dalam air 4. Ide pokok pada paragraph kedua adalah …. * 1 poin A. keunikan bentuk tubuh ikan B. tempat hidup ikan C. keunikan system gerak ikan D. fungsi lidah ngengat 5. Ide pokok paragraf adalah …. * 1 poin A. Kalimat utama dalam suatu paragraf B. Masalah utama dalam suatu paragraf C. Masalah pertama dalam suatu paragraph D. Kalimat pertama dalam suatu paragraph 6. Kalimat pokok paragraf didukung oleh .... * 1 poin A. kesimpulan B. kalimat penjelas C. kalimat utama D. gagasan pokok 7. Banyaknya ide pokok dalam sebuah paragraf adalah …. * 1 poin A. satu B. dua C. tiga D. empat 8. Rangkaian gambar yang menceritakan suatu peristiwa disebut …. * 1 poin A. Ilustrasi B. gambar seri C. poster D. grafik 9. Dalam sebuah paragraf, kalimat utama didukung oleh beberapa …. * 1 poin A. Ilustrasi B. kalimat penjelasan C. informasi D. data 10. Untuk mengidentifikasi ide pokok suatu paragraf, terlebih dahulu kamu harus menentukan …. * 1 poin A. kesimpulan teks yang dibaca B. kalimat penjelas C. inti dari seluruh paragraf D. kalimat utama


Jawaban:

1. c.ikan memiliki sistem gerak yg unik

2. c.ikan memiliki sistem gerak yg unik

3. a.ikan dapat berenang karena memanfaatkan bentuk tubuhnya yg unik.

4. a.keunikan tubuh ikan.

5. a.kalimat utama dalam suatu paragraf.

6. d.gagasan pokok.

7. a.satu.

8. a.ilustrasi.

9. b.kalimat penjelas.

10. c.inti dari seluruh paragraf.

Penjelasan:

maaf kalau salah.


Video Terkait


    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar