Selasa, 08 November 2022

Akomodasi Perhotelan Adalah


Akomodasi Perhotelan Adalah

Pengertian dari Akomodasi Perhotelan?

Daftar Isi

1. Pengertian dari Akomodasi Perhotelan?


Akomodasi Perhotelan yaitu jurusan dimana itu sekolah yang berurusan dengan bidang jasa ,, atau pelayanan yang di lakukan di Hotel atau tempat pariwisataakomodasi perhotelan adalah salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian/keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola secara komersil.

2. apa pengertian dari akomodasi perhotelan


Akomodasi perhotelan adalah penyedia layanan jasa penginapan, makanan, minuman, dan fasilitas jasa lainnya.

Semoga membantu :)akomodasi perhotelan adlah penyedia layanan penginapan dan fasilitas lainnya

3. Apa yang dimaksud dengan Akomodasi Perhotelan


fasilitas yg diberikan, kepada seseorng pada saat didlam paket perjalan..Hotel adalah suatu bentuk bangunan, lambang, perusahaan atau badan usaha akomodasi yang menyediakan pelayanan jasa penginapan, penyedia makanan dan minuman serta fasilitas jasa lainnya dimana semua pelayanan itu diperuntukkan bagi masyarakat umum, baik mereka yang bermalam di hotel tersebut ataupun mereka yang hanya menggunakan fasilitas tertentu yang dimiliki hotel itu. Pengertian hotel ini dapat disimpulkan dari beberapa definisi hotel seperti tersebut di bawah ini : a. Salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola secara komersil (Keputusan Menteri Parpostel no Km 94/HK103/MPPT 1987) b. Bangunan yang dikelola secara komersil dengan memberikan fasilitas penginapan untuk masyarakat umum dengan fasilitas sebagai berikut : 1) Jasa penginapan 2) Pelayanan makanan dan minuman 3) Pelayanan barang bawaan 4) Pencucian pakaian 5) Penggunaan fasilitas perabot dan hiasan-hiasan yang ada di dalamnya. (Endar Sri,1996:8) c. Sarana tempat tinggal umum untuk wisatawan dengan memberikan pelayanan jasa kamar, penyedia makanan dan minuman serta akomodasi dengan syarat pembayaran. Karakteristik Hotel Perbedaan antara hotel dengan industri lainnya adalah : a. Industri hotel tergolong industri yang padat modal serta padat karya yang artinya dalam pengelolaannya memerlukan modal usaha yang besar dengan tenaga pekerja yang banyak pula. b. Dipengaruhi oleh keadaan dan perubahan yang terjadi pada sektor ekonomi, politik, sosial, budaya, dan keamanan dimana hotel tersebut berada. c. Menghasilkan dan memasarkan produknya bersamaan dengan tempat dimana jasa pelayanannya dihasilkan. d. Beroperasi selama 24 jam sehari, tanpa adanya hari libur dalam pelayanan jasa terhadap pelanggan hotel dan masyarakat pada umumnya. e. Memperlakukan pelanggan seperti raja selain juga memperlakukan pelanggan sebagai patner dalam usaha karena jasa pelayanan hotel sangat tergantung pada banyaknya pelanggan yang menggunakan fasilitas hotel tersebut. Jenis Hotel Penentuan jenis hotel tidak terlepas dari kebutuhan pelanggan dan ciri atau sifat khas yang dimiliki wisatawan (Tarmoezi, 2000) : 5) Berdasarkan hal tersebut, dapat dilihat dari lokasi dimana hotel tersebut dibangun, sehingga dikelompokkan menjadi: a. City Hotel Hotel yang berlokasi di perkotaan, biasanya diperuntukkan bagi masyarakat yang bermaksud untuk tinggal sementara (dalam jangka waktu pendek). City Hotel disebut juga sebagai transit hotel karena biasanya dihuni oleh para pelaku bisnis yang memanfaatkan fasilitas dan pelayanan bisnis yang disediakan oleh hotel tersebut. b. Residential Hotel Hotel yang berlokasi di daerah pinngiran kota besar yang jauh dari keramaian kota, tetapi mudah mencapai tempat-tempat kegiatan usaha. Hotel ini berlokasi di daerah-daerah tenang, terutama karena diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin tinggal dalam jangka waktu lama. Dengan sendirinya hotel ini diperlengkapi dengan fasilitas tempat tinggal yang lengkap untuk seluruh anggota keluarga. c. Resort Hotel Hotel yang berlokasi di daerah pengunungan (mountain hotel) atau di tepi pantai (beach hotel), di tepi danau atau di tepi aliran sungai. Hotel seperti ini terutama diperuntukkan bagi keluarga yang ingin beristirahat pada hari-hari libur atau bagi mereka yang ingin berekreasi. d. Motel (Motor Hotel) Hotel yang berlokasi di pinggiran atau di sepanjang jalan raya yang menghubungan satu kota dengan kota besar lainnya, atau di pinggiran jalan raya dekat dengan pintu gerbang atau batas kota besar. Hotel ini diperuntukkan sebagai tempat istirahat sementara bagi mereka yang melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum atau mobil sendiri. Oleh karena itu hotel ini menyediakan fasilitas garasi untuk mobil. Segi Jumlah Kamar Hotel Menurut Tarmoezi (Tarmoezi,2000:3), dari banyaknya kamar yang disediakan, hotel dapat dibedakan menjadi : a. Small Hotel Jumlah kamar yang tersedia maksimal sebanyak 28 kamar. b. Medium Hotel Jumlah kamar yang disediakan antara 28- 299 kamar. c. Large Hotel Jumlah kamar yang disediakan sebanyak lebih dari 300 kamar. Klasifikasi Hotel Menurut keputusan direktorat Jendral Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi no 22/U/VI/1978 tanggal 12 Juni 1978 (Endar Sri, 1996 : 9), klasifikasi hotel dibedakan dengan menggunakan simbol bintang antara 1-5. Semakin banyak bintang yang dimiliki suatu hotel, semakin berkualitas hotel tersebut. Penilaian dilakukan selama 3 tahun sekali dengan tatacara serta penetapannya dilakukan oleh Direktorat Jendral Pariwisata.

4. Apa alasan kalian, ketika ditanya mengapa memilih jurusan akutansi? Mengapa memilih jurusan akomodasi perhotelan? Please jwbny dengan tegas


alasan saya memilih jurusan akuntansi karena ingin mengembangkan bakat saya dalam hal keuangan,dan setelah saya lulus belajar akuntansi saya ingin melanjutkan bekerja disebuah lembaga keuanganalasan saya memilih jurusan akuntansi karena ingin mengembangkan bakat saya dalam hal keuangan,dan setelah saya lulus belajar akuntansi saya ingin melanjutkan bekerja disebuah lembaga keuangan

5. Sebutkan persamaan dan perbedaan antara usaha penyediaan akomodasi dan usaha perhotelan.. ​


Jawaban:

Persamaan usaha penyediaan akomodasi dan usaha perhotelan : sama – sama menyediakan layanan penginapan berupa kamar – kamar di dalam suatu bangunan yang dapat dilengkapi dengan jasa pelayanan makanan dan minuman, Kegiatan hiburan atau fasilitas lainnya.

Perbedaan usaha penyediaan akomodasi dan usaha perhotelan : usaha penyediaan akomodasi tidak hanya untuk mencari keuntungan. sedangkan usaha perhotelan adalah untuk mendapatkan keuntungan.


6. Pengetahuan Tentang Hospitality and Tourism. Mungkin kita pernah mendengar tentang Akomodasi Perhotelan, atau kita pernah menggunakan jasa fasilitas Hotel. Pertanyaannya, tahukah anda ada berapa Departemen yang ada di Hotel berbintang? (Sekalian dituliskan Departemen apa saja?)


1. Front Office Department


Front Office Department adalah departemen hotel yang tugasnya berhubugan lagsung dengan tamu, menerima pemesanan kamar tamu, menerima pendaftaran tamu, maupun memberikan informasi yang diinginkan tamu. Departemen ini merupakan kesan prtama bagi tamu ketika tamu hendak check in.

Adapun seksi-seksi di Front Office Departement adalah sebagai berikut :

a. Reservation

b. Reception

c. Telephone Operator

d. Front Office Cashier

e. Uniform Service/Concierge

f. Information section

g. Guest Relation Officer


2. Food and Beverage Department


Food and Beverage department adalah departemen hotel yang menangani hal-hal yang berkaitan dengan mengolah menyediakan makanan dan minuman serta bertugas memberikan pelayanan kepada tamu pada saat makan di restaurant. Food & Beverage Department dibagi beberapa bagian diantara lain :

a. Food & Beverage Production

Food & Beverage Production adalah suatu bagian yang bertugas mengolah bahan makanan menjadi bahan matang untuk disediakan kepada para tamunya.

b. Food & Beverage Service

Food & Beverage Service adalah suatu bentuk pelayanan berupa pengantaran order tamu. Food & Beverage Service dibagi menjadi dua bagian lagi yaitu

1) Food Service

2) Beverage Service


3. Housekeeping Department


Housekeeping department adalah departemen hotel yang bertanggung jawab atas seluruh kebersihan hotel baik dalam ruangan maupun public area serta membersihkan berbagai fasilitas hotel. Housekeeping terbagi atas beberapa seksi antara lain :

a. Floor Section

b. Public Area Section

c. Linen/uniform Section

d. Laundry section

1) Valet

2) Washer

3) Presser

4) Marker

5) Checker

e. Gardener section

f. Florist section

g. Recreation / swimmimg pool section


4. Accounting departement


Accounting departement adalah suatu departemen hotel yang bertanggung jawab atas masalah administrasi hotel baik pengeluaran maupun pendapatan keuangan di hotel.


5. Personalia/HRD Department


Personalia Departemen adalah suatu departemen hotel yang bertugas menerima dan menempatkan karyawan/trainee. serta menangani masalah yang dihadapi karyawan.


6. Engineering Department


Engineering Department adalah suatu departemen hotel yang bertanggung jawab untuk menangani perawatan maupun perbaikan atas semua alat-alat serta mesin yang ada di hotel apabila mengalami kerusakan.


7. Marketing department


Marketting departement adalah suatu bagian yang bertugas memasarkan hotel kepada masyarakat maupun pelanggan agar setiap tahunnya mengalami peningkatan atas tamu-tamu yang menginap dan menggunakan fasilitas-fasilitas hotel.


8. Purchasing department


Purchasing departemen adalah suatu bagian yang bertanggung jawab atas keseluruhan pembelian pengadaan serta semua kebutuhan hotel.


9. Security Department


Security Department adalah suatu bagian yang bertugas menjaga keamanan hotel maupun tamu selama menginap (24 jam)


Semoga membantu :D


7. Sebutkan persamaan dan perbedaan antara usaha penyediaan akomodasi dan usaha perhotelan​


Jawaban:

1. Persamaan:usaha penyediaan akomodasi dan usaha perhotelan : sama – sama menyediakan layanan penginapan berupa kamar – kamar di dalam suatu bangunan yang dapat dilengkapi dengan jasa pelayanan makanan dan minuman, Kegiatan hiburan atau fasilitas lainnya.

Perbedaan: usaha penyediaan akomodasi dan usaha perhotelan : usaha penyediaan akomodasi tidak hanya untuk mencari keuntungan. sedangkan usaha perhotelan adalah untuk mendapatkan keuntungan.


8. Berikut ini adalah perusahaan akomodasi, kecuali....A. HotelB. LosmenC. PerkemahanD. PondokE. Saung ​


Jawaban:

B.Losmen

Penjelasan:

MAAF KALO SALAH YA


9. apa saja alat alat keselamatan kerja dalam akomodasi perhotelan​


 

1

BAB IPENDAHULUAN

Kesehatan dan keselamatan kerja amat berkaitan dengan upaya pencegahan kecelakaandan penyakit akibat kerja dan memiliki jangkauan berupa terciptanya masyarakat dan lingkungankerja yang aman, sehat dan sejahtera, serta efisien dan produktif. Kehidupan manusia jamansekarang tidak pernah lepas dari pekerjaan, keinginan untuk memenuhi hidup sehari-hari menjadidorongan seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan. Apapun jenis pekerjaannya selaludilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan sehari-hari, mulai dari pekerjaan yang beresikorendah hingga pekerjaan yang beresiko tinggi.Pemerintah sendiri sangat sadar tentang petapa pentingnya kesehatan dan keselamatankerja, ini dapat dilihat dari produk perundang-undangan yang dikeluarkan sepertiUndang-undang No.33 tahun 1947 yang berlaku sejak 6 januari 1951, kemudian disusul dengan peraturan pemerintah No.2 tahun 1948 kemudian UU No.14 tahun 1969 tentangketentuan-ketentuan pokok mengenai tenaga kerja. UU No.1 tahun 1970 tentang keselamatankerja (Utama, 2001).Dalam dunia industri pariwisata, kesehatan dan keselamatan kerja sangan diperlukankhususnya pada suatu akomodasi perhotelan. Seluruh karyawan dalam sebuah hotel harusdiperhatikan kondisi kesehatan dan keselamatan kerja karyawannya demi menjaga kelancaranoperasional hotel setiap hari.

 

Setiap karyawan rentan terhadap kecelakaan karena memiliki pekerjaan yang sangat membahayakan apabila pekerja tidak mengetahui prosedur-prosedur pekerjaan maka akan beresiko terjadi kecelakaan misalnya terjatuh, tertimpa, tersetrum, terkena penyakit akibat debu, zat kimia beracun, serta terkena senjata tajam lainnya.Untuk itulah perlu dilakukan suatu pencegahan kecelakaan yang mungkin terjadi serta penanganan dan penanggulangan yang sesuai dengan kebutuhan pekerja agar kecelakaan dan penyakit akibat kerja dapat dicegah dan ditangani sedini mungkin, seefektif mungkin danseefisien mungkin. Sehingga dapat berguna bagi manajemen hotel dalam menerapkanstandarisasi kesehatan dan pencegahan kecelakaan akibat kerja. Apabila semua standar tersebutdapat diterapkan secara baik dan benar, maka karyawan akan merasa aman dan semangat dalammenjalankan pekerjaan.

 

2

BAB IIKAJIAN TEORI1.

 

Teori Tentang Hotel

Menurut Sulastiyono (2006), hotel adalah suatu perusahaan yang dikelolah oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan, minuman dan fasilitas kamar untuk tidurkepada orang-orang yang melakukan perjalanan dan mampu membayar dengan jumlah yangwajar sesuai dengan pelayanan yang diterima tampa adanya perjanjian khusus.Sedangkan Menurut Lawson (1976), hotel adalah tempat tiggal umum untuk wisatawandengan memberikan jasa kamar, penyedia makanan dan minuman serta akomodasi dengan syarat pembayaran.Menurut Pendit (1999) mengatakan bahwa hotel merupakan perusahaan yangmenyediakan jasa dalam bentuk penginapan (akomodasi) serta menyajikan makanan dan fasilitaslainnya untuk umum, yang memenuhi syarat-syarat kenyamanan dan komersial. Bentuk susunantata ruang, dekorasi, sanitasi,

hygiene,

estetika, keamanan dan ketentraman yang dapatmemberikan keamanan pribadi untuk para tamu.Selanjutnya dijelaskan oleh

United State Lodging Indutry

 bahwa, yang utama hotelterbagi menjadi tiga jenis yaitu :1.

 

Transient Hotel,

adalah hotel yang letak/lokasinya ditengah kota dengan jenis tamu yangmenginap sebagaian besar adalah untuk urusan bisnis atau turis.2.

 

 Residential Hotel,

adalah yang pada dasarnya merupakan rumah-rumah 


10. Akomodasi seperti hotel, transportasi adalah hal yang sangat penting dalam industri pariwisata. Apakah pemerintah mengadakan standarisasi mutu dalam akomodasi tersebut?


Tentu saja pihak pemerintah harus memberikan kontribusi tentang standar mutu akomodasi tersebut agar fasilitas yang digunakan oleh masyarakat lebih terjamin kualitasnya
Maaf kalo salah :)tentu saja pemerintah harus menggunakan akomodadi agar fasilitas terjamin

maaf kalau salah

11. Berikut ini usaha jasa akomodasi,kecuali...a. hotelb. motelc. transportasid. wisma​


Jawaban:

C. transportasi

Penjelasan:

Pengertian penginapan ( akomodasi )adalah suatu bangunan atau sebagian bangunan yang disediakan secara khusus, dimana setiap orang dapat menggunakan sebagai tempat tinggal sementara dengan membayar sewa.

sedangkan transportasi tidak termasuk dalam akomodasi


12. Penyebab wisatawan domestik yang menggunakan akomodasi hotel masih sangat rendah adalah...


pola pikir masyarakat lokal bahwa hotel itu serba mahal dan hanya kejangkau  oleh orang yang lebih kaya dan juga mendirikan hotel disebuah tempat pariwisata memerlukan rencana dan modal yang matang
Impossible under Thank you for Exo Exo

13. 1. Patiseri2. Tata Boga3. Akomodasi perhotelanBantu pilih 1 aja


tata boga
karena menceritakan tentang masakan

semoga membantu 1. Patiseri
2. Tata Boga
3. Akomodasi perhotelan
Bantu pilih 1 aja

Jawaban: Akomodasi perhotelan, karena melayani pengunjung hotel dan bisa saja mengelola hotel

• Semoga Membantu
• Assalamualaikum Wr. Wb.

14. Berikut ini usaha jasa akomodasi,kecuali ...a.hotelb. motelC. transportasid. Wisma​


Jawaban:

C. Transportasi

Penjelasan:

C. Transportasi

karena yang dimaksud dengan

Jasa akomodasi adalah sebuah jasa penginapan yang juga menyediakan layanan makanan dan minuman.


15. Jika anda adalah New Graduate sebuah SMK bidang keahian Akomodasi Perhotelan yang ingin segera mendapatkan pekerjaan apa upaya/tidakan yang anda lakukan jika Hotel cara melakukan rekruitmen dari karyawan hotel lain yang sudah berpengalaman dan lebih mudah didapat dibandingkan dengan melatih 100 % karyawan b


Jawaban:

tidak setuju jika hanya yg berpengalam

Penjelasan:

artinya perusaahan tsb tidak memberikan kesempatan anak2 yg baru lulus sekolah


16. Mohon bantuannya, Pengertian akomodasi perhotelan.?


Akomodasi Perhotelan adalah Kompetensi Keahlian dibawah Program Studi Keahlian Pariwisata yang menekankan keahlian pada bidang penguasaan informasi dan kemampuan  tentang akomodasi perhotelan, pengelolaan dan penyelengaraan akomodasi .Akomodasi perhotelan adalah sesuatu yg disediakan oleh pihak hotel untuk memenuhi kebutuhan pengunjungnya,.
misalnya : kendaraan dr bandara ke hotel, tempat Gym, kolam renang, restoran dll

17. Apa alasan kalian ketika ditanya: 1.mengapa ingin mengambil jurusan administrasi perkantoran? 2.mengapa ingin mengambil jurusan akomodasi perhotelan? Please jawab smuanya


1. karena untuk menata masa depan yg baik dan peluang untuk masuk kerjanya cukup besar karna saya rasa mempunyai bakat dan talenta yg kuat pada jurusan tersebut

18. Sebut dan jelaskan 5 karir yang dapat ditekuni sesuai dengan jurusan akomodasi perhotelan!


Jawaban:

administrasi keuangan perhotelan, receptionist/FO perhotelan, sales marketing perhotelan, logistik/sarana prasarana perhotelan, F&B perhotelan,

Jawaban :

Jurusan Akomodasi Perhotelan adalah Jurusan yang membahas mengenai Pelayanan Jasa dalam Usaha Perhotelan.

Karir yang dapat ditekuni sesuai dengan jurusan akomodasi perhotelan yaitu :

Pengelola PerhotelanDosenChef atau Juru masakManager PerhotelanDirektur PerhotelanRoom DivisionAhli Keuangan ( Bendahara ) Psikologi PelayananEvent CoordinatorKaryawan PerhotelanAdministrasi PerhotelanDan lain-lain

Link Internal Terkait

Kode Etik Perhotelan

https://brainly.co.id/tugas/3496929

Detail Jawaban

Bidang Study : Kewirausahaan

Kelas : 11

Materi : Usaha Perhotelan

Kode Soal : 23

Kode Jawaban : 11.23

Kata Kunci : Perhotelan


19. Singkatan untuk anak akomodasi perhotelan 2 apa???


-A-KOPER TWO Community
-AKTEL TWO CommunityAP = Akomodasi Perhotelan,
jurusan yang ada di sekolahku.. SMK NEGERI 2 MALANG

20. Suatu perusahaan besar menyediakan 3 hotel bagi akomodasi rekanannya. Dari catatan sebelumnya diketahui bahwa 20% rekanannya diinapkan dihotel A, 50% dihotel B, dan 30% dihotel C. Bila 5% diantara kamar-kamar dihotel A, 4% di hotel B, dan 8% dihotel C terdapat kerusakan pipa air di kamar mandinya, hitung peluang bahwa seorang rekanan yang diketahui mendapat kamar dengan pipa air yang rusak ternyata menginap di hotel A!


Jawab:

P(pipa air rusak)= 1/5x1/20 + 1/2x1/25 + 3/10x2/25

= 27/500

P(seorang rekanan yang diketahui mendapat kamar dengan pipa air yang rusak ternyata menginap di hotel A)

= 1/5x1/20 / (1/5x1/20 + 1/2x1/25 + 3/10x2/25)

= 5/27

Penjelasan dengan langkah-langkah:


Video Terkait


    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar