Jumat, 09 Desember 2022

Pertanyaan Tentang Landasan Filosofis Pendidikan


Pertanyaan Tentang Landasan Filosofis Pendidikan

apa landasan filosofis pendidikan di indonesia?

Daftar Isi

1. apa landasan filosofis pendidikan di indonesia?


Tut wuri handayani (memberikan dorongan moral dari belakang)

maaf klau keliru : )

2. Contoh landasan pendidikan filosofis


Contoh : penganut realisme antara lain berpendapat bahwa “pengetahuan yang benar diperoleh manusia melalui pengalaman dia”


Maaf kalau salah (´・_・`)

3. landasan filosofis pada pendidikan pancasila


Landasan Filosofis Pendidikan Pancasila

Pancasila adalah sebagai dasar filsafat negara dan pandangan filosofis bangsa Indonesia. Oleh karena itu sudah merupakan suatu keharusan moral untuk secara konsisten merealisasikannya dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Hal ini berdasarkan pada suatu kenyataan secara filosofis dan objektif bahwa bangsa Indonesia dalam hidup bermasyarakat dan bernegara berdasarkan pada nilai-nilai yang tertuang dalam sila-sila pancasila yang secara filosofis merupakan filosofi bangsa Indonesia sebelum mendirikan negara.

Secara filosofis, bangsa indonesia sebelum mendirikan negara adalah sebagai bangsa yang berketuhanan dan berkemanusiaan, hal ini berdasarkan kenyataan objektif bahwa manusia adalah Makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Syarat mutlak suatu negara adalah adanya persatuan yang terwujudkan sebagai rakyat (merupakan unsur pokok negara), sehingga secara filosofis negara berpersatuan dan berkerakyatan. Konsekuensinya rakyat adalah merupakan dasar ontologis demokrasi, karena rakyat merupakan asal mula kekuasaan negara.

Atas dasar pengertian filosofis tersebut maka dalam hidup bernegara nilai-nilai Pancasila merupakan dasar filsafat negara. Konsekuensinya dalam setiap aspek penyelenggaraan negara harus bersumber pada nilai-nilai Pancasia termasuk sistem peraturan perundang-undangan di Indonesia. Oleh karena itu dalam realisasi kenegaraan termasuk dalam proses reformasi dewasa ini merupakan suatu keharusan bahwa Pancasila merupakan sumber nilai dalam pelaksanaan kenegaraan, baik dalam pembangunan nasional, ekonomi, politik, hukum, sosial budaya, maupun pertahanan dan keamanan.


4. 1. landasan filosofis dan operasional PendidikanIps sd​


Singkat

landasan filosofis dan operasional Pendidikan  Ips sd​ yaitu Siswa belajar IPS akan lebih berorientasi pada pemahaman konsep-konsep IPS daripada penerapan materi yang ada pada IPS bagi kehidupan sehari-hari.

Lengkap

Secara teoritis terdapat beberapa pandangan filosofis kurikulum, Landasan Filosofis sebagaimana dipaparkan dalam “Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum  Mata Pelajaran IPS” Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum 2007, Depdiknas RI dirincikan sebagai berikut :

a.   Esensialisme

Esensialisme; adalah aliran yang menggariskan  bahwa kurikulum harus menekankan pada penguasaan ilmu. Aliran ini berpandangan bahwa, pendidikan pada dasarnya adalah pendidikan keilmuan. Kurikulum yang dikembangkan dalam aliran esensialisme adalah kurikulum disiplin ilmu. Tujuan dari aliran esensialisme adalah menciptakan intelektualisme. Proses belajar-mengajar yang dikembangkan adalah siswa harus memiliki kemampuan penguasaan disiplin ilmu. Penerapan pembelajaran ini lebih banyak berperan pada guru jika dibandingkan dari siswa.

Sekolah yang baik dalam pandangan filsafat esensialisme adalah sekolah yang mampu mengembangkan intelektualisme siswa. Implementasi mata pelajaran IPS menurut aliran esensialisme akan lebih menekankan IPS pada aspek kognitif (pengetahuan) jika dibandingkan dengan aspek afektif (sikap). Siswa belajar IPS akan lebih berorientasi pada pemahaman konsep-konsep IPS daripada penerapan materi yang ada pada IPS bagi kehidupan sehari-hari.

c.   Perenialsme

Perenialsme; adalah aliran yang memandang , bahwa sasaran yang harus dicapai oleh pendidikan adalah kepemilikan atas prinsip-prinsip tentang kenyataan, kebenaran dan nilai yang abadi, serta tidak terkait oleh ruang dan waktu. Dalam pandangan aliran Perenialisme kurikulum akan menjadi sangat ideologis karena dengan pandangan-pandangan ini menjadikan siswa atau peserta didik sebagai warga Negara yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diinginkan oleh Negara. Pandangan perenialisme lebih menekankan pada Transfer Budaya (transfer of culture), seperti dalam Implementasinya pada  kurikulum IPS yang bertujuan pada pengembangan dan pembangunan jati diri bangsa peserta didik dalam rangka menuju tercapainya  integrasi bangsa. Aliran ini juga dikenal menekankan pada kebenaran yang absolut, kebenaran universal yang tidak terikat pada ruang dan waktu, aliran ini lebih berorientasi ke masa lalu.

d.   Progresivisme

Progresivisme; adalah aliran ini memandang bahwa sekolah memiliki tujuan yakni kecerdasan yang praktis dan membuat siswa lebih efektif dalam memecahkan berbagai masalah yang disajikan oleh guru atau pendidik. Masalah tersebut biasanya ditemukan berdasarkan pengalaman siswa. Pembelajaran yang harus dikembangkan oleh aliran Progresivisme adalah memperhatikan kebutuhan individual yang dipengaruhi oleh latar belakang sosial-budaya dan mendorong untuk berpartisipasi aktif sebagai warga Negara dewasa, terlibat dalam pengambilan keputusan, dan memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah pada kehidupan sehari-hari. Implementasi IPS dalam pandangan aliran filsafat Progresivisme adalah bagaimana mata pelajaran IPS mampu membekali  kepada siswa agar dapat memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-harinya, misalnya kemiskinan, pengangguran, kebodohan, ketertinggalan, kenakalan remaja atau narkoba dan lainnya.

e.   Rekonstruksionisme

Rekonstruksionisme; adalah aliran ini berpendapat  bahwa sekolah harus diarahkan kepada pencapaian tatanan demokrasi yang mendunia. Aliran filsafat ini menghendaki agar setiap individu dan kelompok tanpa mengabaikan nilai-nilai masa lalu, mampu mengembangkan pengetahuan, teori, atau pandangan tertentu yang paling relevan dengan kepentingan mereka melalui pemberdayaan peserta didik dalam proses pembelajaran guna memproduksipengetahuan baru. Dalam pandangan aliran filsafat ini lebih menekankan agar siswa dalam pembelajaran mampu menemukan (inquiri), penemuan yang bersifat informasi baru bagi siswa berdasarkan bacaan yang ia lakukan. Pembelajaran lebih ditekankan pada proses bukan hasilnya. Aktivitas siswa menjadi perioritas utama dalam berlangsungnya pembelajaran.

Dalam implementasi pembelajaran IPS , misalnya siswa mempelajari fakta-fakta disekelilingnya, berdasarkan fakta tersebut siswa menemukan definisi mengenai sesuatu, tanpa harus didefinisikan terlebih dahulu oleh guru. Misalnya dalam pelajaran ekonomi diperkenalkan adanya fakta orang-orang yang mekakukan kegiatan jual – beli. Setelah melihat aktivitas orang-orang tersebut akhirnya siswa menemukan definisi mengenai penjualan, pembelian, penawaran, pasar, uang dan lainnya dalam aktivitas jual-beli. Dengan demikian guru tidak menjelaskan atau membuat definisi, tetapi dari fakta-fakta tersebut siswalah yang aktif melihat fakta dan dapat mendifinisikannya.

#Terimakasi sudah bertanya di brainly, semoga membantu!

#Semangat Hyung:'


5. 2. Jelaskan landasan filosofis dan operasionalpendidikan IPS SD​


Jawaban:

ini jawabanya

Penjelasan:


6. Coba jelaskan mengapa Pancasila digunakan sebagai landasan filosofis pendidikan di Indonesia. Anda kemukakan landasan yuridisnya!


Jawaban:

1. Landasan histori

Pancasila adalah "warisan jenius " para pendiri bangsa. Pancasila merupakan fakta sejarah sebagian bagian dari proses berbangsa dan bernegara Indonesia. Pancasila dalah hasil sejarah yamg sangat berharga sehingga kita mampu bersepakat mendirikan dan mempertahankan Negara kesatuan republic Indonesia sampai dengan saat ini.

Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) menetapkan UUD dan UUD bagi Negara Republik Indonesia.  Dengan ditetapkannya pembukaan UUD yang didalamnya  memuat lima dasar Negara, maka pancasila secara resmi menjadi Dasar  Negara Republik Indonesia.

2. Landasan Kultural

Nilai nilai pancasila yang merupakan local wisdom bangsa dan realitas objektif dalam diri bangsa Indonesia. Selain itu, pancasila juga telah menjadi living reality bagi bangsa Indonesia.

Bangsa yang besar ialah bangsa yang peduli akan pewarisan budaya luhur bangsanya. Oleh karena itu, perlu ada upaya pewarisan nilai nilai falsafah pancasila melalui pendidikan pancasila. Pendidikan pancasila merupakan proses pembudayaan atau pewarisan budaya luhur bangsa dari generasi tua kepada generasi muda bangsa.

3.    Landasan Folosofis

Pancasila mengandung konsep religiusitas, humanitas, nasionalitas, dan sosialitas yang dapat dipertanggung jawabkan dari tinjauan teoritis-filsafat.

Pendidikan pancasila secara filosofis sangatlah logis dan strategis sebagai landasan untuk mengkaji, mengembangkan,melaksanakan, dan mengamankan nilai nilai filosofis bangsa. Dengan demikian, nilai nilai pancasila yang bersifat abstrak akan lebih memiliki peluang untuk dikonkretkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

4.    Landasan Yuridis

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional menyatakan bahwa pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perkembangan zaman.  

Sedangkan dalam pasal 37 undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, disebutkan bahwa kurikulum pendidikan tinggi wajib memuat :  

a.    Pendidikan Agama  

b.    Pendidikan Kewarganegaraan, dan  

c.    Bahasa

 Penjelasan:

A.    Defenisi dan Ruang Lingkup Pendidikan Pancasila

   Substansi kajian mata kuliah pendidikan pancasila meliputi :

1.    Peraturan perundang-undangan dan kebijakan negara baik yang bersifat praktis -- pragmatis maupun jangka panjang dalam persfektif pancasila sebagai dasar negara.

2.     Perkembangan ideologi besar dunia dan ideologi baru yang muncul dan menjelaskan pancasila sebagai ideology yang cocok untuk Indonesia.

3.    Tujuan dan fungsi pendidikan pancasila dalam pengembangan kemampuan utuh sarjana atau profesional  

4.    Hakikat sila-sila pancasila, serta mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

5.    Dinamika pancasila secara historis, merefleksikan fungsi dan kedudukan penting pancasila dalam perkembangan Indonesia mendatang.

6.    Pengertian etika, aliran etika, etika pancasila dan pancasila sebagai solusi problem moralitas bangsa.

7.    Pancasila dijadikan sebagai karakter keilmuan Indonesia.

 

B.    Kompetensi Dasar Pendidikan Pancasila

Kompetensi diartikan sebagai kumpulan rencana dalam tindakan mencerdaskan sedangkan aplikasi dari rasa tanggung jawab adalah terlihat dari kebenaran tindakannya bila dipandang dari segi iptek, etika, maupun dari ajaran agama dan budaya yang dianut oleh setiap elemen masyarakat.

Pendidikan pancasila adalah agar mahasiswa memiliki kepribadian yang bersumberkan pada nilai budi luhur budaya bangsa dalam mendukung profesi dan latar belakang keilmuannya. Hal demikian dapat dipahami bahwa pendidikan pancasila lebih dimaksudkan sebagai,  

1.    Pendidikan karakter, yaitu pembentukan karakter warga negara yang ditandai dengan sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai pancasila

2.    Pendidikan pembentukan kepribadian, yakni kepribadian yang bersumberkan nilai-nilai luhur budaya bangsa yang nantinya mendukung profesi maupun latar belakang keilmuan warga.

3.    Pendidikan yang menjadikan nilai-nilai pancasila sebagai sumber rujukan dan inspirasi warga dalam upaya menjawab berbagai tantangan kehidupan bangsa.

 

Pancasila merupakan pernyataan jati diri bangsa Indonesia mencakup 3 aspek, yakni pancasila sebagai kepribadian bangsa, pancasila sebagai identitas bangsa, dan sebagai keunikan bangsa Indonesia.

 


7. landasan pendidikan pancasila secara filosofis


Secara filosofis, bangsa indonesia sebelum mendirikan negara adalah sebagai bangsa yang berketuhanan dan berkemanusiaan, hal ini berdasarkan kenyataan objektif bahwa manusia adalah Makhluk Tuhan Yang Maha Esa. 

8. Jelaskan apa yang di maksud dengan landasan filosofis pendidikan


Jawaban: landasan filosofis pendidikan adalah melihat pendidikan dari makna dan hakikat pendidikan itu sendiri

Penjelasan:

Filsafat itu dari bahasa Yunani yaitu : philein artinya mencintai, dan shopis artinya hikmah, arti atau bijaksana


9. Mengapa pancasila dijadikan sebagai landasan filosofis dalam pelaksanaan pendidikan diindinesia


karna pancasila adalah hukum dari segala hukum dan pancasila adalah suatu pandangan hidup

10. Bagaimana cara penerapan landasan pendidikan secara filosofis terhadap kondisi pandemi covid saat ini?


Jawaban:

dengan daring

Penjelasan:

maaf kalo salah


11. menjelaskan landasan filosofis pendidikan jasmani,pendidikan olahraga dan pendidikan kesehatan


. Landasan Psikologis Pendidikan Jasmani
Pendidikan jasmani lebih menekankan proses pembelajarannya pada penguasaan gerak manusia. Pemahaman yang lebih mendalam terhadap kecenderungan dan hakikat gerak ini, misalnya melalui teori gerak dan teori belajar gerak, maka memungkinkan guru lebih memahami tentang kondisi apa yang perlu disediakan untuk memungkinkan anak belajar secara efektif.

12. Pertanyaan tentang landasan filosofis sistem ekonomi indonesia


Kategori : Ilmu Ekonomi
Sub Kategori : Sistem Ekonomi Indonesia
Kelas : X
Kata Kunci : Pertanyaan, Sistem Ekonomi dan Landasan
Pembahasan :
Contoh Pertanyaan tentang landasan filosofis sistem ekonomi indonesia :
1. Apakah yang dimaksud Landasan Filosofis sistem ekonomi ?
2. Apakah yang menjadi landasan filosofis sistem ekonomi indonesia ?
3. Apakah Pengaruh landasan filosofis sistem ekonomi indonesia terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia ?
4. Bagaiman penerapan landasan filosofis sistem ekonomi indonesia ?
5. Apakah landasan filosofis sistem ekonomi indonesia sudh diterapkan dengan baik dan benar ?

13. 1. paradigma pendidikan ips di sd 2.landasan filosofis pendidikan ips di sd


Jawaban:

1.Paradigma Pendidikan IPS Paradigma IPS adalah model atau kerangka berpikir pengembangan IPS yang diwacanakan dalam kurikulum pada sistem pendidikan Indonesia, dan IPS merupakan studi yang mempelajari tentang masyarakat atau manusia, dan merupakan ilmu pengetahuan sosial yang diambil dari ilmu sosial.

2.Landasan Filosofis: Memberikan gagasan pemikiran mendasar yang digunakan untuk menentukan objek kajian (domain) yang menjadi kajian pokok dan dimensi pengembangan Pendidikan IPS sebagai disiplin ilmu (aspek ontologis/bersifat kongkret), bagaimana cara, proses, atau metode membangun Pendidikan IPS hingga dapat ...

Penjelasan:


14. Jelaskan landasan pendidikan Pancasila secara filosofis !


Jawaban:

Pancasila adalah sebagai dasar filsafat negara dan pandangan filosofis bangsa Indonesia. Secara filosofis, bangsa indonesia sebelum mendirikan negara adalah sebagai bangsa yang berketuhanan dan berkemanusiaan, hal ini berdasarkan kenyataan objektif bahwa manusia adalah Makhluk Tuhan Yang Maha Esa


15. contoh pelaksanaan landasan filosofis Pendidikan


Jawaban:

aduh lupaaaa:)))))))))))

-peningkatan dalam sikap belajar
- potensi dalam menjawab soal (kepintaran/ kemampuan ).
- bisa membangun karsa

Semoga membantu
Maaf jika ada kekurangan jwb an saya
Stay safe

16. Kemukakanlah landasan dan dasar2 pendidikan Pancasila dilihat dari filosofis, sosiologis, dan yuridis?


Unsur filosofis diartikan sebagai pertimbangan atau alasan yang menggambarkan bahwa peraturan yang dibentuk mempertimbangkan pandangan hidup, kesadaran, dan cita hukum yang meliputi suasana kebatinan serta falsafah bangsa Indonesia yang bersumber dari Pancasila dan Pembukaan 

Unsur sosiologis menggambarkan bahwa peraturan yang dibentuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berbagai aspek. Landasan sosiologis sesungguhnya menyangkut fakta empiris mengenai perkembangan masalah dan kebutuhan masyarakat dan negara.

Kemudian unsur yuridis menggambarkan bahwa peraturan yang dibentuk untuk mengatasi permasalahan hukum atau mengisi kekosongan hukum dengan mempertimbangkan aturan yang telah ada, yang akan diubah, atau yang akan dicabut guna menjamin kepastian hukum dan rasa keadilan masyarakat.


17. Jelaskan yang dimaksud dengan landasan filosofis pendidikan, mengapa calon guru/pendidik perlu mempelajari landasan filosofis pendidikan, kemukakan pendapat anda beserta contohnya dalam dunia pendidikan!


Landasan filosofis pendidikan adalah seperangkat filosofi yang dijadikan titik tolak dalam pendidikan dan merupakan sistem gagasan tentang pendidikan yang dijabarkan dari suatu aliran filsafat tertentu.

Yuk, simak penjelasannya di bawah ini, sahabat Brainly! :)

Pembahasan

Landasan filosofis pendidikan dibutuhkan oleh calon pendidik karena calon pendidik wajib memahami pondasi dari sistem pendidikan nasional agar proses berjalannya pendidikan sesuai dengan kepribadian bangsa, pandangan hidup, dan sesuai dengan prinsip dasar negara. Alasan lainnya karena:

1. Pendidikan bersifat normatif, artinya pendidikan memerlukan asumsi yang bersifat normatif yang berasal dari filsafat.

2. Pendidikan perlu dipandang secara holistik, artinya tidak hanya melalui pendekatan ilmiah yang parsial dan deskriptif saja.

Contoh penerapan landasan filosofis pendidikan di dunia pendidikan yaitu:

Guru menggunakan dialog yang berupa pertanyaan terbimbing kepada peserta didik untuk menstimulasi penalaran siswa terhadap materi pembelajaran. Dalam sistem penilaian, guru banyak menggunakan soal-soal dengan standar intelektual tinggi (Higher Order Thinking Skills) yang diharapkan mampu mengembangkan kemampuan siswa. Sumber belajar lebih banyak menggunakan internet dan pengamatan untuk menghadirkan situasi belajar yang mirip dengan fakta di kehidupan nyata.

Semoga jawabannya cukup membantu! :)

----------------------------------

Pelajari lebih lanjut

Yuk, pelajari juga materi terkait pendidikan yang lainnya!

1. Pengertian pendidikan

brainly.co.id/tugas/13262246

2. Manfaat pendidikan

brainly.co.id/tugas/242294

3. Eksistensi pendidikan

brainly.co.id/tugas/19292444

------------------------

Detil jawaban

Kelas: 12 SMA  

Mapel: Sosiologi  

Bab: Lembaga Sosial  

Kode: 12.20.3  

Kata kunci: landasan filosofis pendidikan


18. Jelaskanlah apakah landasan pendidikan Pancasila (Historis, Kultural, , Filosofis dan Yurudis)?


Jawaban:

Pancasila adalah dasar dan ideologi negara Indonesia. Bersama dengan UUD 1945, Pancasila menjadi jati diri seluruh bangsa Indonesia karena berasal dari seluruh nilai dan norma yang pernah dan sedang berkembang di Indonesia.

Penjelasan:

-HISTORIS, berdasarkan sejarah, Pancasila mengandung seluruh nilai yang telah dan sedang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

-KULTURAL; Pancasila lahir sebagai buah dari kehidupan bangsa Indonesia dalam budaya yang telah diturunkan dari generasi ke generasi yang nilai-nilainya telah diterima dengan baik dari waktu ke waktu.

-YURIDIS; Pancasila digunakan sebagai rujukan dalam penyajian materi pendidikan di Indonesia dan telah diatur dalam UU No. 2 Tahun 1989 yang mengatur perihal Sistem Pendidikan Nasional atau Sisdiknas.

-FILOSOFIS; Pancasila menunjukkan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang religius dan beradab serta digunakan lebih lanjut untuk menetapkan sistem perundang-undangan di Indonesia.


19. jelaskan hubungan landasan historis, kultural, yuridis dan filosofis pendidikan pancasila


Dasar negara Republik Indonesia adalah Pancasila yang terdapat dalam  Pembukaan UUD 1945 dan secara resmi disahkan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945, kemudian diundangkan dalam Berita Republik Indonesia tahun II No. 7 bersama-sama dengan batang tubuh UUD 1945.

Dalam sejarahnya, eksistensi Pancasila sebagai dasar filsafat negara Republik Indonesia mengalami berbagai macam interpretasi dan manipulasi politik sesuai dengan kepentingan penguasa demi kokoh dan tegaknya kekuasaan yang berlindung dibalik legitimasi ideologi negara Pancasila. Dengan lain perkataan, dalam kedudukan yang seperti ini Pancasila tidak lagi diletakkan sebagai dasar filsafat serta pandangan hidup bangsa dan negara Indonesia melainkan direduksi, dibatasi dan dimanipulasi demi kepentingan politik penguasa pada saat itu. Dalam kondisi kehidupan bermasyarakat dan berbangsa yang sedang dilanda oleh arus krisis dan disintegrasi maka Pancasila tidak terhindar dari berbagai macam gugatan, sinisme, serta pelecehan terhadap kredibilitas dirinya sebagai dasar negara ataupun ideologi, namun demikian perlu segera kita sadari bahwa tanpa suatu platform dalam format dasar negara atau ideologi maka suatu bangsa mustahil akan dapat survive dalam menghadapi berbagai tantangan dan ancaman.


20. Kita Telah memiliki pancasila sebagai landasan" filosofis pendidikan, bolehkah kita mengadopsi dan mengaplikasikan filosofis lain dalam rangka praktek pendidikan? Berikan alasan anda​


JAWABANNYA:

BOLEH

ALASAN:

Karena, jika hanya prektek, maka gpp jika dilakulan. Hal ini juga akan memberi pengetahuan kpd kita kelebihan dan kekurangan filosofi kita dan filosofi lainnya


Video Terkait


    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar