Rabu, 25 Januari 2023

Berdasarkan Teori Lingkungan Sosial Kekerasan Dan Kekacauan Akan Terjadi Apabila


Berdasarkan Teori Lingkungan Sosial Kekerasan Dan Kekacauan Akan Terjadi Apabila

Berdasarkan teori lingkungan sosial, kekerasan dan kekacauan akan terjadi apabila... *

Daftar Isi

1. Berdasarkan teori lingkungan sosial, kekerasan dan kekacauan akan terjadi apabila... *


Jawaban:

agresivitas individu kelompok dalam menghadapi suatu permasalahan


2. berdasarkan teori lingkungan sosial, kekerasan dan kekacauan akan terjadi apabila ... a. agresivitas individu dan kelompok dala menghadapi suatu masalah b. tidak terciptanya hubungan sosial yang serasi antarindividu c. lingkungan fisik yang tidak kondusif d. jumlah anggota suatu kelompok terlalu banyak e. kekecewaan yang mendalam dari para anggotanya


Jawaban:

b.

Penjelasan:

tidak terciptanya hubungan yang serasi antarindividu

Jawaban:

b

Penjelasan:

tidak tercipta hubungan sosial yang serasi antarindividu



e. tidak tercipta hubungan sosial yang serasi antar individu

4. apakah semua perubahan sosial budaya selalu diikuti oleh terjadinya kekacauan dimasyarakat?


Tidak semua, terkadang perubahan sosial budaya yang terjadi diakibatkan karena terlalu keterbukaan dan keluasannya masyarakat dalam hal menerima yang baru sehingga terjadi kekacauan diakibatkan oleh diri masyarakat itu sendiri. semoga membantu☆☆

5. Bagaimana pendapat anda apabila suatu negara banyak terjadi tindakan kekacauan dan kekerasan


Jawaban:

Negara itu tidak dapat bertahan lama karena banyak terjadi tindakan kekacauan, dan penduduk di negara itu tidak akan merasa nyaman karena banyak tindak kekerasan.

Semangat! ♡


6. Apakah semua perubahan sosial budaya selalu diikuti oleh terjadinya kekacauan di masyarakat? Jelaskan.


Jika perubahan tersebut mengarah kpd hal yg positif dan tidak menentang adat istiadat masyarakat setempat maka umumnya tidak ada kekacauan yg terjadi.
sebaliknya jika perubahan bertentangan dgn norma,adat istiadat maka kekacauan akan terjadi.

7. 3.Berdasarkan teori lingkungan sosial,kekerasan dan kekacauan akan terjadiapabila ....a. kurangnya sarana fisik yang tersediadi masyarakatb. agresivitas individu dan kelompokdalam menghadapi suatu perma-salahanC. jumlah anggota suatu kelompokterlalu banyakd. kekecewaan yang mendalam dari paraanggotanyae. kurangnya sarana fisik yang tersediadi masyarakat​


Jawaban:

3. b. agresivitas individu dan kelompok dalam menghadapi suatu permasalahan

Penjelasan:

karna bisa berdampak pada lingkungan sosial


8. apakah semua perubahan sosial budaya selalu diikuti oleh terjadinya kekacauan dimasyarakat? Jelaskan​


Jawaban:Tidak

Penjelasan: Karena perubahan sosial buday tidak selalu di sebabkan oleh kekacauan masyarakay bisa saja faktor lain nya adalah kebosanan manusia



c. jawaban nya sorry klo salahc. agresivitas individu kelompok dalam menghadapi suatu permasalahan.
Karena agresif bisa membuat semua orang menganggap bahwa sesuatu harus benar. Karena semua menganggap benar maka akan menimbulkan percecokan yang dapat mengakibatkan kekerasan dan kekacauan.

10. Apakah semua perubahan sosial budaya selalu diikuti oleh terjadinya kekacauan dimasyarakat?jelaskan!


tidak semua perubahan sosial budaya slalu ada kekacauan atau karna tidak di setujui olehh masyarakat,,

11. Diantara 4 corak lingkungan (tenang dan acak, tenang dan mengelompok, lingkungan yang sensitif, lingkungan yang kacau ) lingkungan yang mana yang dapat diabaaikan dan yang menjadi fokus bagi manager, berikan alasanya ?


Fokus manager (pendapat saya) : 

1.) Diabaikan --> Jelas yang tenang dan lebih mudah dikendalikan, yaitu ; *tenang-acak, *tenang-mengelompok, *lingkungan sensitif

2.) Lingkungan Fokus --> Prioritas perhatian yaitu *Lingkungan Kacau /Sedang terjadi kekacauan disana

Skala prioritas ; *KACAU - *SENSITIF -*TENANG MENGELOMPOK -*TENANG ACAK

12. maksud dari kekacauan sosial


tidak adanya norma norma sosisl dilingkungan tersebutketidaktaatan rakyat dengan norma norma yang ada di masyarakat

13. ada yang tahu tentang teori kekacauan (chaos theory)?


teori kekacauan merupakan sebuah teori yg pd awalnya berkembang dalam bidang fisika.

14. apakah semua perubahan sosial budaya selalu di ikuti oleh terjadinya kekacauan di masyarakat? jelaskan!


tidak karena masyarakat kacau biasa saja

15. Bagaimana penerapan Pancasila sebagai dasar negara pada kondisi bangsa Indonesia yang sedang kacau dalam kehidupan sosial, politik dan budaya saat ini


Indonesia adalah negara yang berpedoman kepada pancasila. Jadi, semua tingkah laku dan perbuatan bangsa Indonesia harus mencerminkan nilai - nilai yang terdapat dalam pancasila. Pada saat ini, bangsa Indonesia tengah menghadapi berbagai masalah dalam kehidupan sosial, politik dan budaya contoh sering terjadi tawuran antar remaja bahkan tawuran antar suku di suatu daerah. Dalam hal ini, penerapan pancasila sebagai dasar negara harus ditegakkan yaitu dengan tidak mudah terprovokasi mengikuti ajakan seseorang untuk terlibat tawuran tersebut. Untuk menghindari terjadinya tawuran antar remaja atau antar suku, kita harus saling menghormati dan menghargai perbedaan pendapat atau perbedaan suku yang ada di lingkungan sekitar kita.

Pembahasan:

Salah satu kedudukan pancasila adalah sebagai dasar negara Indonesia yang berarti undang - undang dasar dan semua peraturan hukum yang berlaku di Indonesia harus berpedoman kepada pancasila. Oleh karena itu, kita haruslah bertindak sesuai dengan nilai - nilai yang terkandung dalam setiap butir - butir pancasila.

Pancasila sebagai dasar negara juga telah tercantum dalam UUD 1945 pada alinea keempat. Pada UUD 1945 telah dijelaskan bahwa Indonesia memiliki bentuk negara republik yang berkedaulatan rakyat didasarkan pancasila. Oleh karena itu, pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum yang berlaku di Indonesia.

Makna pancasila sebagai dasar negara adalah sebagai berikut:

Sebagai dasar atau acuan dalam menata suatu negara untuk menjadi negara yang merdeka dan berdaulat.Sebagai dasar atau acuan untuk mengatur penyelenggaraan pemerintahan negara yang bersih dan berwibawa.Sebagai dasar atau acuan untuk kehidupan bangsa Indonesia.

Pancasila sebagai dasar negara mengajarkan kepada kita akan pentingnya kehidupan bermasyarakat yaitu kehidupan yang saling menghargai adanya perbedaan, menghormati antar sesama, hidup yang rukun, damai, sejahtera dan harmonis antar sesama dan lain - lain. Pada era globalisasi seperti saat ini, budaya kehidupan masyarakat tersebut sudah sangat jarang ditemukan, mereka lebih suka hidup menyendiri di rumah atau individualis daripada harus berkumpul dengan tetangga untuk sekedar menyapa. Oleh karena itu, kita sebagai generasi penerus bangsa harus menerapkan Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari - hari.

Pelajari Lebih Lanjut:

Materi tentang pengertian pancasila sebagai dasar negara https://brainly.co.id/tugas/330724

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4


16. Apakah semua perubahan sosial budaya selalu diikuti oleh terjadinya kekacauan di masyarakat Jelaskan​


Jawaban:

Bisa jadi karena kalau sudah menjadi budaya pasti ada kekurangan dan kelebihannya


17. kenapa geografi sosial sering dikacaukan dengan geografi manusia


Hai Brainly lovers!

Kenapa geografi sosial sering dikacaukan atau dikaitkan dengan geografi manusia dikarenakan cabang ilmu sosial dalam geografi salah satunya memiliki fokus kajian mengenai kependudukan atau manusia (antroposfer). Yuk kita simak penjelasannya!

Pembahasan

Geografi Pada awalnya geogarfi hanya mendeskripsikan fakta-fakta tentang lokasi dan manusia atau yang dikenal dengan sebutan geografi kuno. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, Geografi telah menjadi salah satu cabang ilmu yang memiliki ruang lingkup ilmu yang luas atau yang dikenal dengan istilah geografi modern. Di dalam ruang lingkup geografi modern dideskripsikan secara detail berbagai macam fenomena geosfer (Gejala-gejala geografi yang terjadi di permukaan bumi) baik itu terkait dengan fenomena fisik (cabang ilmu fisik), fenomena sosial (cabang ilmu sosial) maupun interaksi antar kedua fenomena tersebut.

Salah satu contoh Cabang ilmu sosial adalah antroposfer atau geografi manusia. Antroposfer atau geografi manusia merupakan ilmu yang mempelajari tentang fenomena-fenomena dalam masyarakat. Adapaun kajian geografi manusia yang dibahas dalam materi geografi sosial meliputi:

Pencacahan penduduk (sensus, registrasi, dan survei penduduk) Dinamika penduduk (kelahiran, kematian, migrasi) Perhitungan penduduk (CBR, ASBR, CDR, ASDR, Dependency Ratio, Seratio, pertumbuhan penduduk alami dan total, Penggandaan pendusuk (doubling time), Permasalahan kuantitas dan kualitas penduduk serta solusi penyelesaiannya.

Semoga jawabannya bermanfaat ya!

Pelajari lebih lanjut  

1. Materi tentang geografi manusia https://brainly.co.id/tugas/21411851

----------------------------------------  

Detail Jawaban  

Kelas: 7

Mapel: Geografi  

Bab: Keadaan Penduduk Indonesia

Kode: 7.8.4


18. Apakah semua perubahan sosial budaya selalu diikuti oleh terjadinya kekacauan di masyarakat jelaskan


Jawaban:

Jika perubahan tersebut mengarah kpd hal yg positif dan tidak menentang adat istiadat masyarakat setempat maka umumnya tidak ada kekacauan yg terjadi. sebaliknya jika perubahan bertentangan dgn norma,adat istiadat maka kekacauan akan terjadi.

Apakah semua perubahan sosial budaya selalu diikuti oleh terjadinya kekacauan di masyarakat jelaskan!

: Jika perubahan tersebut mengarah kepada hal yg positif dan tidak menentang adat istiadat masyarakat setempat maka umumnya tidak ada kekacauan yg terjadi. Sebaliknya jika perubahan bertentangan dgn norma,adat istiadat maka kekacauan akan terjadi.


19. Bagaimana seharusnya hubungan antarmanusia Indonesia ini dilakukan agar tidak terjadi kekerasan antarkelompok, kekacauan sosial atau tawuran di dalam masyarakat kita?


Kehidupan kemasyarakatan di Indonesia ditinjau dari hubungan antar manusia, harus memiliki beberapa macam kesesuaian yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan sehingga tidak terjadi dampak negatif seperti kekerasan antar kelompok, kekacauan sosial, tawuran dikalangan masyarakat dan lain sebagainya, untuk itu seharusnya hal yang patut untuk diterapkan dalam konsep toleransi dan saling menghormati satu sama laindan membentuk satuan organisasi.

Pembahasan.

Indonesia lahir dengan banyak budaya, agama, dan berbagai macam keberagaman untuk itu terkadang masalah perbedaan yang beragam menjadi faktor penyebab gesekan antar masyarakat yang berujung pada tindak konflik yang berdampak kekerasan antar kelompok. Untuk itu beberapa cara untuk mengurangi hal tersebut dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

Saling menghargai satu sama lain setiap budaya memiliki karakter yang berbeda dan kebiasaan yang tidak sama untuk menjaga persatuan tiap orang harus mampu membentengi diri untuk tetap sabar dan memaklumi kegiatan tersebut serta hormat akan budaya yang diterapkan walau memiliki perbedaan yang jauh dengan budaya kita.Berusaha untuk membentuk persatuan dan perwakilan tiap perbedaanmisalnya dalam suatu wilayah terdapat enam agama untuk itu diadakan organisasi yang dibangun oleh enam agama sebagai bagian dari pemersatu dan penyelesaian konflik jika terdapat permasalahan yang timbul akan perbedaan agama.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang toleransi https://brainly.co.id/tugas/51261680

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4


20. ap ap sebab terjadi kekacauan atau kekerasan quraisy​


Jawaban:

pada jaman quraisy adalah jaman ke zahiliahan(kebodohan),kurang imannya hamba kepada alloh,dan kaum quraisy tidak suka ajaran yang diberikan oleh para rasul sedangkan ajaran rasul adalah wahyu dari alloh swt.


Video Terkait


    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar