Jumat, 27 Januari 2023

Contoh Paragraf Narasi Tentang Lingkungan Sekolah


Contoh Paragraf Narasi Tentang Lingkungan Sekolah

Contoh paragraf narasi tentang lingkungan sekolah

1. Contoh paragraf narasi tentang lingkungan sekolah


Di sekolah ku, dikelilingi oleh berbagai macam tanaman .seluruh taman taman kelas juga dihiasi oleh bunga berwarna warni .begitu pula dengan kelas kami , kelas tempat kami belajar di penuhi oleh lapisan cat berwarna putih serta ukiran ukiran tangan siswa yang mengiasi mading kelas terlihat sangat menarik sekali
sambil menikmati keindahan mading ,siswa siswi juga tengah asik membaca dan belajar di taman digital.

begitulah smpai strusnya..
maaf jika salah

2. Contoh paragraf narasi tema lingkungan sekolah?


Di sekolah ku, dikelilingi oleh  berbagai macam tanaman .seluruh taman taman kelas juga dihiasi oleh bunga berwarna warni .begitu pula dengan kelas kami , kelas tempat kami belajar di penuhi oleh lapisan cat  berwarna putih serta ukiran ukiran tangan siswa yang mengiasi mading kelas terlihat sangat menarik sekali
sambil menikmati keindahan mading ,siswa siswi juga tengah asik membaca dan belajar di taman digital.

begitulah smpai strusnya..
maaf jika salah

3. Contoh paragraf narasi tema lingkungan sekolah?


Lingkungan Sekolahku

Aku bersekolah di salah satu SMP swasta di kotaku. Sekolahku terletak tepat di jantung kota dan dekat dengan pusat perbelanjaan serta kantor polisi. Meskipun sekolahku dekat dengan pusat perbelanjaan, namun tidak pernah ada satupun siswa yang berkeliaran di tempat itu pada jam sekolah. Kami semua adalah siswa yang patuh dengan peraturan dan tata tertib sekolah. Karena letaknya yang juga dekat dengan kantor polisi, sekolahku juga selalu aman dari tindakan-tindakan kriminal sehingga para orang tua tidak merasa khawwatir apabila terlambat menjemput dan menyuruh anaknya untuk pulang sendiri.


4. contoh 1 paragraf narasi yang bertemakan lingkungan kampus yang hanya terdiri dari 6 kalimat


Jawaban:

1. Ariel

2. Menjadi pahlawan

3. Elsa mencari kayu bakar di hutan

4. Safira dan Safria

5. Anak yatim yang mandiri

6. Ulang tahun Nika

7. Novel Habibie dan Ainun

8. Insinyur Soekarno

9. Hari minggu yang melelahkan

10. Sekolahku

Penjelasan:


5. Karakteristik paragraf narasi,dan contoh paragraf narasi


karakteristik paragraf narasi diantaranya adalah :a. Adanya unsur perbuatan atau tindakanb. Adanya unsur rangkaian ceritac. Adanya sudut pandang pengarangd. Adanya keterangan nama tokoh dalam ceritae. Adanya keterangan yang menjelaskan latar kejadian peristiwaf. Unsur pikiran lebih tajam dibandingkan unsur perasaang. Menggunakan bahasa sehari-hari

Contoh
Pergilah Andi ke pasar menggunakan sepeda bututnya, sesampainya di pasar dibelilah kebutuhan-kebutuhan hidupnya bersama sang ayah yang sakit-sakitan. Setelah semua barang terbeli ia kembali mengayuh sepeda tuanya menuju rumahnya yang hanya berupa gubuk di pinggir sungai.

6. apa itu paragraf narasi dan contoh paragraf narasi​


Jawaban:

Paragraf narasi adalah paragraf yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian secara runtut. Contoh yang bersifat fiksi adalah cerpen dan novel, sementara yang bersifat nyata adalah biografi, autobiografi, ataupun catatan-catatan sejarah lain.

Jawaban:

karangan yang menceritakan suatu kejadian atau peristiwa

Penjelasan:

semoga membantu

7. Buatlah Paragraf Narasi Tentang Lingkungan


Sekarang telah banyak pencemaran lingkungan yg membuat khawatir masyarakat sekitar.
banyak warga sudah terjangkit penyakit2 yg sangat berbahaya seperti DPD,TIFUS,dan sebagainya,warga sekitar mulai resah dengan terjadinya pencemaran lingkungan 
tersebut.


8. contoh teks narasi tentang sampah di lingkungan sekolah dan rumah ?


Jawaban:

1). Contoh Karangan Narasi Tentang Sekolah

Sebuah Pengalaman yang Mengesankan

Ketika bangun pada hari Senin pagi, aku sangat terkejut karena melihat jam di kamar telah menunjukkan pukul 06.30 WIB. Aku langsung bangun dan menuju ke kamar mandi. Sampai di kamar mandi tiba-tiba aku terpeleset dan hampir saja mencederaiku.

Setelah mandi, aku berpakaian sekolah, sarapan pagi lalu berangkat sekolah dengan menggunakan sepeda motor. Sesampainya di sekolah kulihat tasku untuk mengambil topi. Betapa terkejutnya aku, ternyata topiku tidak ada di dalam tas. Karena hari itu hari senin (ada upacara bendera) aku pulang ke rumah untuk mengambil topi. Selesai mengambil topi aku kembali lagi ke sekolah dengan menaiki sepeda motor.

Tiba-tiba di jalan motorku mogok, setelah diperiksa ternyata bensinnya habis. Terpaksa kudorong motor untuk mencari tempat penjualan bensin eceran. Untunglah tempat penjualan bensin itu tidak jauh. Aku membeli satu liter bensin dan langsung tancap gas menuju ke sekolah.

Setibanya di sekolah ternyata murid-murid sudah berkumpul di lapangan. Upacara hampir saja dimulai. Aku pun tergesa-gesa berlari menuju ke lapangan upacara. Ketika upacara dimulai kepala sekolah langsung memberi pengarahan tentang tata tertib sekolah.

Tiba-tiba datanglah seorang guru untuk memeriksa kerapian murid-muridnya, dan sialnya rambutku dinilai panjang oleh guru. Dengan leluasa serta tak kuasa kumenolak gunting yang ada digengaman guru mencabik-cabik rambutku.

Dengan rambutku yang tak karuan, aku langsung masuk ke kelas untuk mengikuti pelajaran. Rupaya pelajaran tersebut mempunyai pekerjaan rumah (PR) dan aku lupa mengerjakan tugas tersebut lalu dihukum oleh guru untuk membuat tugas itu sebanyak tiga kali.

Aku langsung mengerjakan tugas itu. Sebelum aku mengerjakannya jam pelajaran pun habis lalu aku disuruh menulis beberapa kali lipat lagi oleh guru. Ketika sedang mengerjakan tugas itu, teman-teman ribut di kelas karena jam pelajarannya kosong. Dengan senangnya teman-teman pun bermain di kelas sehingga aku pun merasa terganggu.

Aku menegurnya supaya tidak ribut lagi, ternyata mereka tidak senang dan tidak terima atas teguranku. Temanku tadi langsung merobek tugas yang sedang kubuat. Aku merasa kesal dan tanpa basa-basi lagi aku langsung menghajarnya sehingga terjadilah perkelahian. Kemudian kami dipanggil wali kelas ke kantor untuk menyelesaikan masalah tersebut. Aku ceritakan masalah tersebut dan kami pun disuruh untuk bermaaf-maafan.

Setelah itu kami disuruh untuk melupakan masalah tersebut, akhirnya lonceng pun berbunyi menandakan pulang sekolah. Kami pun langsung pulang ke rumah. Setibanya di rumah aku merasa senang karena permasalahan tersebut telah selesai.

Aku bercerita tentang kejadian-kejadian yang aku alami di sekolah tadi dengan orang tuaku. Orang tuaku pun menasehati agar selalu mengerjakan tugas tersebut dan mentaati peraturan tata tertib yang ada di sekolah


9. Contoh teks negosiasi tulis dalam bentuk narasi tentang lingkungan sekolah


Jawaban:

cerita tas sekolah karena tas yg ia pakai selama ini


10. sebutkan contoh paragraf narasi tema lingkungan sekolah


sejumlah pembenahan dilakukan di lingkungan oleh pihak sekolah kami dalam beberapa bulan terakhir. Pembenahan dilakukan mulai dari ruang guru yang dipermak beberapa bagian dan diganti warna catnya. Pembenahan tersebut juga terjadi di beberapa ruang kelas dan juga ruang perpustakaan. Dengan begitu, ruang-ruang yang ada di sekolah akan lebih nyaman untuk digunakan. Tak hanya sampai di situ, agar sekolah kami pun juga diganti dengan pagar yang tingginya menjapai 2,5 meter dan di ujung atasnya terdapat kawat berduri yang memanjang. Pemasangan pagar itu dilakukan sebagai cara untuk menakut-nakuti pencuri yang hendak mencuri barang-barang di sekolah kami. Sebab, pihak sekolah menyatakan bahwa sekolah kami tidak ingin mengalami pencurian seperti beberapa sekolah lainnya, di mana penyebab utama terjadinya pencurian tersebut adalah rendahnya tinggi pagar sekolah. Selain pagar, CCTV pun dipasang pihak sekolah di beberapa sudut-sudut tertentu dan dikontrol oleh pihak keamanan. Pembenahan-pembenahan yang dilakukan oleh pihak sekolah tersebut bisa membuat lingkungan sekolah kami menjadi lebih aman dan nyaman lagi.

Beberapa contoh di atas hanya segelintir dari contoh paragraf narasi tentang lingkungan sekolah. Pembaca bisa mengembangkan dan mengkreasikan contoh-contoh tersebut. Adapun pembahasan kali ini dicukupkan sampai di sini saja. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca, baik itu di ranah paragraf narasi khususnya, maupun bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan terima kasih.

FBTwitterWALinePinterestG+

11. Contoh paragraf narasi dengan bahasa jawa tema sekolah


Jawaban:

PATHISARI

Novel Katresnan inggih punika salah satunggaling karya sastra ingkang

wujud narasi prosa anggitanipun Soeratman Sastradihardja. Narasi prosa

kagolong ing sastra Jawa modhèren, dipuntegesi sastra Jawa modhèren amargi

saking asiling pamanahan kreatif pangripta. Novel Katresnan nyaritakakén

kaantepaning tekad Mursiati kagem merjuangkakén ingkang dados krenteging ati,

sanajan yang sepuhipun tansah ngalangipun. Ing lelampahan Mursiati ingkang

dados paraga utama njalari medalipun prakawis-prakawis sanèsipun kaliyan

paraga sanèsipun ing salebeting cariyos.

Panaliten punika mligi kagem de skripsikaken bab-bab ingkang wonten ing

naratif lan karakter saking tokoh-tokoh ing salebeting novel Katresnan, Kagem

ngempalkaken data ingkang diperlokake migunakaken pendekatan objektif, nuli

metode kualitatif lan teori struktural naratif saking Seymour Chatman, kagem

manggihaken kaliyan deskripsikaken bab-bab ingkang wonten ing naratif,

kadosta, kernel, satelit, urut-urutanipun, durasi, frekuensi, kaliyan karakter saking

para paraga.

Asiling panaliten manggihakén 27 kernel kaliyan 133 satelit. Adhedasar

saking urut-urutanipun logis wonten urut-urutanipan ingkang mboten runtut,

menawi urut-urutanipun kronologis gadhah urut-urutanipun ingkang runtut.

Saking anakronipun ing salebeting Novel Katresnan wonten 3 analepsis kaliyan 2

prolepsis. Durasi ingkang sedaya wonten 169, cacahing sedaya kanthi rantat

saking ingkang kathahipun inggih punika ringkasan 61, lanturan 48, adegan 37,

elipsis 14, kaliyan pause 9. Frekuensi cacahing sedaya wonten 222, cacahing

sedaya kanthi runtut saking ingkang kathahipan inggih punika, multiple singular

114, singular 85, iteratif 17, kaliyan repetitif 6. Karakterisasi angsalkakén flat

character ingkang kadosta tokoh Mursiati, tokoh Sutrisna, tokoh Ibu Sutrisna,

tokoh Sundari, tokoh Guru, tokoh Asisten Wadana, kaliyan tokoh tiga perampok.

lajeng round character kadosta, tokoh Ayah Mursiati kaliyan tokoh Ibu Mursiati.

Wosing Tembung: narasi prosa, sastra Jawa modern, Novel Katresnan,

Struktural Naratif

Penjelasan:

nuwun sewu menawi lepat :(


12. Contoh paragraf narasi basa Indonesia lingkungan sekitar


hendrik adalah juragan ojek dari desa mulyonegoro kecamatan bangundiri  RUMAH saya sangat bagus dan bersih dan di rumah saya keadaan nya sangat tenang dan tentram.saya timggal di keleyan langgulang bersama kedua orang tua saya dan kakak dan adek saya rumah saya sangat sederhana tetapi buat saya sangat baguz dan di sekitar rumah saya terdapat banyak pepohonan seperti pohon mangga dan pohon rambutan sehingga tidak terlalu panas untuk berteduh dan di rumah saya juga banyak sekali pohon salak sehinga apabila sudah panen ibu' saya sering menjual salak ke pasar  di deket rumah
      Dan rumah saya tidak trlalu jauh dengan sawah dan ladang walaupun rumah saya di desa tapi saya sangay bangga karena di rumah banyak sekali pepohonan dan tumbuh-tumbuha yang sangat berfungsi dalam ke hidupan sehari -hari saya dan di rumah saya warga nya pun sangat baek dan saling tolong menolong dalam suatu kegiatan serperti memperbaiki masjid dan membersih kan makam yang sudah banyak rumput nya dan warga di rumah saya pun tidak keberatan dengan ada nya kegiatan itu sendiri
      TETAPI ada pula warga di sekitar rumah saya yang menyimpang seperti apabila ada perkawinan kebanyakan anak remaja nya yang merokok dan meminum minuman keras sehingga mabuk dan tidak sadar hingga pagi dan juga ada yang sampai bertengkar dengan sesama teman nya karena efek samping dari minuman yang ber akohol tadi itu dan itu sangat membuat warga kadang-kadang emosi dan tidak tenang tetapi sekarang para remaja yang suka mengonsumsi minuman keras di larang keras oleh RT dan RW di rumah saya
      RUMAH saya juga sangat dekat dengan kebun yang banyak hewan nya seperti monyet,ular,kadal,dll tetapi hewan di dekat rumah saya tidak mengganggung ke semua rumah saya karena monyet dan hewan lain nya memakan semua tumbuhan yang ada seperti salak dan mlinjo dan di rumah saya juga dekat dengan pohon bambu sehingga tidak panas dan udara nya sangat sejuk sekali dan di sekitar rumah saya banyak sekali pohon durian tetapi semua pohon itu milik orang karena orang tua saya tidak suka menanam pepohonan
    RUMAH saya juka tidak terlalu jauh dari jalan raya sehingga kalau saya berangkat sekolah saya tidak terlalu capek dan lelah untuk berjalan ke jalan untuk naik mobil ke sekolah saya sangat bangga dengan keadaan rumah saya walaupun di desa tetapi warga dan lingkungan saya sangat membangun dalam kehidupan sehari-hari saya dan apabila keluarga saya kekurangan sayur-sayuran saya dan ibu' saya tinggal ngambil di kebun atau di ladang dan pada bulan ini di rumah saya sedang musim mangga

maaf klo salah misalny,,hany bisa membantu

13. contoh paragraf narasi tentang cara mengatasi pencemaran lingkungan(4 paragraf yaa)​


Jawaban:

salah satu cara mengatasi pencemaran lingkungan,membersihkan lingkungan kita agar dipandang bersih dan yaman.

jangan mencemarinya akan mengakibatkan kerusakan penyesalan karena ulah kita sendiri kita harus menjaga lingkungan kita.

dan kita harus bersukur atas indahnya lingkungan kita ini.bersih adalah sebagian dari keimanan.

BISANYA 3 PARAGRAF MAAF BISANYA SEGITU...


14. contoh paragraf narasi bertema lingkungan


pada suatu hari dito ,ani dan angga sedang berjalan jalan di tepi sungai. tampak sungai itu sangat lah kumuh."siapa yang bertanggung jawab atas semua kekotoran ini" kata dito."iya sayang sekali padahal sungai memiliki fungsi yang penting bagi manusia untuk menyediakan air"seru ani .kita sebagai anak bangsa yang cinta lingkungan haruslah menyayangi lingkungan".itu benar seru angga

15. contoh narasi bahaya sampah plastik di lingkungan sekolah, rumah dan masyarakat


Jawaban:

1.Tercemarnya tanah, air tanah dan makhluk bawah tanah.

2.Racun-racun dari partikel plastik yang masuk ke dalam tanah akan membunuh hewan-hewan pengurai di dalam tanah seperti cacing.

3.PCB yang tidak dapat terurai meskipun termakan oleh binatang maupun tanaman akan menjadi racun berantai sesuai urutan rantai makanan.

4.Kantong plastik akan mengganggu jalur air yang teresap ke dalam tanah.

5.Menurunkan kesuburan tanah karena plastik juga menghalangi sirkulasi udara di dalam tanah dan ruang gerak makhluk bawah tanah yang mampu meyuburkan tanah.

6.Kantong plastik yang sukar diurai, mempunyai umur panjang, dan ringan akan mudah diterbangkan angin hingga ke laut sekalipun.

7.Hewan-hewan dapat terjerat dalam tumpukan plastik.

jadiin yg tyerbaik y


16. contoh paragraf narasi panjang tentang lingkungan, ada tokohnya. buruaaaan​


Ini dia!!! Maaf yak kalau salah karena aja yang aku bisa dapat

Satu jenia perkembangan faragraf dalam sebuah tulisan yang rangkaian nya dari waktu dengan urutan awal,tengah,dan akhir


17. berikan contoh teks narasi tentang sekolah saat covid 19satu paragraf​


Jawaban:

liat di bawah

Penjelasan:

Sejak Desember 2019, dunia telah dihebohkan oleh penemuan virus baru di China. Virus tersebut dikenal dengan nama virus corona. Dengan cepat virus ini menginfeksi banyak orang dan menyebabkan kematian di China. Banyak pula yang hanya terinfeksi dan kemudian sembuh. Tetapi virus ini seperti berpindah tempat, mewabahi dari satu negara ke negara yang lain.

        Hingga akhirnya wabah ini tiba di Indonesia pada awal Maret 2020. Meski tampak lambat penyebarannya, tetapi hal ini menimbulkan kecemasan di seluruh Indonesia. Pengalaman yang diperoleh dari mengikuti berita, telah membuat kelangkaan masker dan hand sanitizer.

        Begitu pula dengan sekolahku. Sekolahku mulai 16 Maret 2020 melakukan aktivitas belajar di rumah. Keputusan ini diambil oleh pihak komite sekolah. Berbeda dengan sekolah sepupuku yang tetap masuk pada tanggal 23 Maret 2020, padahal kami di yayasan yang sama.

        Minggu pertama belajar di rumah sangat menyenangkan. Jadwal pelajaran daring diberikan seperti jadwal pelajaran di sekolah. Kami juga diminta untuk mengirimkan tugas dan absensi daring. Selain itu, aku bisa belajar dan bermain bersama adik-adikku di rumah. Yang paling aku sukai adalah aku dapat belajar sambil memakan cemilan yang disediakan oleh ibu.

        Minggu ini adalah minggu ketiga aku belajar di rumah. Teman-temanku mulai malas mengumpulkan tugas, karena hampir setiap pelajaran kami diberi tugas. Aku pun juga merasakan yang sama. Tidak bisa bertemu dan becanda dengan teman-teman, membuat belajar di rumah terasa membosankan.

        Aku sungguh berharap permasalahan COVID-19 ini dapat segera menemukan titik akhir. Aku sedih ketika melihat berita di televisi banyak orang yang terinfeksi, bahkan meninggal. Aku sedih mendengar ibu cerita bahwa harga kebutuhan sehari-hari naik dan langka. Aku sedih mendengar temanku yang ayahnya penjual mi ayam, sepi dagangannya hingga mereka makan mi ayam setiap hari agar tidak basi. Tetapi, aku hanya bisa berharap dan berdoa, semoga cobaan ini segera berlalu.

Pelajari lebih lanjut

Puisi tentang corona 4 bait dapat dilihat di brainly.co.id/tugas/27418218

Pantun tentang virus corona dapat dilihat di brainly.co.id/tugas/27836440

Apa yang kamu ketahui tentang virus corona dapat dilihat di brainly.co.id/tugas/27391617

------------------------------------

Detil jawaban

Kelas: SMP

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Teks Narasi

Kode: -


18. Contoh paragraf eksposisi, deskripsi, narasi, argumentasi Dan persuasi dengan tema sekolah Dan lingkungan sekolah


Jawaban:

tidak boleh melangar aturan protokol kesehatan

Penjelasan:

pake masker

hindari keramean

tidak boleh berjabat tangan

cuci tangan sebelum makan


19. contoh cerita lingkungan sekolah dengan narasi !


Contoh 
   Saya bersekolah di sma (tulis nama sekolah mu ) . Di sma saya lingkungan nya sangat bersih dan indah , ada tamannya , ada banyak tanaman seperti mawar , melati , bunga sepatu dan lain lain . 

contoh nya gitu 

20. Buatlah narasi minimal 3 paragraf tentang lingkungan sekolah!


                                     Lingkungan sekolahku

Inilah sekolahku. Di sekolahku tumbuh pohon besar yang rindang dan hijau. Bermacam-macam bunga dan tumbuhan hias menghiasi lingkungan itu. Tampak pot yang besar dan berdiri megah. Di tambah pula udara segar yang membuat kenyamanan di lingkungan tersebut.

Bukan hanya di sekitar lingkungan sekolah, di kelasku pun sangat bersih. Meja dan kursi tersusun rapi serta di kelasku terdapat beberapa tanaman hias yang membuat kelasku semakin bersih dan nyaman. Suasana sekolahku sangat asri.

Teman-teman dan bapak/ibu guru sangat ramah. Teman-teman selalu bermain bersamaku. Bapak/ibu guru sangat baik, ramah dan pintar lagi. Dia selalu membantuku untuk menimba ilmu. Karena suasana kelas dan sekolahku bersih membuat aku nyaman dan betah untuk belajar. Aku sangat suka sekolahku:)

__________________________________________________________

Maaf kalau salah:)

Tanyakan sesuatu di kolom komentar jika ada jawaban yang tidak dimengerti ^-^

Jangan lupa untuk menekan kata "Terimakasih" atau ❤ serta bintang hingga lima

Jika jawaban ini menurutmu benar jangan lupa di jadiin jawaban terbaik ya ^^

Terimakasih.


Video Terkait


    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar