Sabtu, 14 Januari 2023

Contoh Produk Rekayasa Sistem Teknik


Contoh Produk Rekayasa Sistem Teknik

contoh produk rekayasa sistem teknik

1. contoh produk rekayasa sistem teknik


Bidang Pertanian

Bidang pertanian banyak memanfaatkan teknologi tepat guna untuk memudahkan pekerjaan para petani. Teknologi ini juga dinilai lebih efektif dan efisien dan mampu meningkatkan kualitas panen yang dihasilkannya. Beberapa teknologi tepat guna di bidang pertanian di antaranya:

Mesin Penebar Pupuk

Jika sebelumnya masyarakat harus bersusah payah menyebarkan pupuk dan harus rata yang ternyata membutuhkan waktu tidak sebentar, kehadiran mesin penebar pupuk ini sangat membantu karena mampu menyebarkan pupuk lebih cepat dan rata dan tentunya tidak mengeluarkan energi sebanyak ketika menebarkan pupuk secara manual.

Mesin Perontok Padi

Jika sudah memasuki musim panen, para petani tentunya bersiap untuk melakukan perontokan padi dan kemudian menjualnya. Namun kegiatan merontokkan padi ternyata membutuhkan tenaga yang besar karena harus dipukul dan ditumbuk. Selain itu, merontokkan padi dengan cara ini juga beresiko membuat biji padi menjadi pecah dan menghasilkan beras yang kurang bagus. Sejak ditemukannya mesin perontok padi, para petani tentu sangat dimudahkan dalam merontokkan padi, selain itu alat ini juga mampu meningkatkan kualitas beras.  

Mesin Pemipil Jagung

Ketika telah memasuki musim panen, sebelum jagung dijual biasanya dijemur dan dilakukan pemipilan terlebih dahulu. Pemipilan ini merupakan proses perontokan biji jagung dari tongkolnya yang prosesnya tidaklah mudah karena mampu menguras tenaga khususnya pada bagian jari-jari tangan. Jika dirasa tidak memiliki tenaga lagi, pasti proses ini akan dihentikan sejenak untuk beristirahat yang pada akhirnya membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya. Dengan menggunakan mesin pengupil jagung, proses pengupilan jadi lebih cepat, hemat tenaga dan tentunya waktu.  

Bidang Usaha Kecil  

Pelaku usaha kecil membutuhkan berbagai teknologi tepat guna untuk mempermudah pekerjaannya. Contohnya pada pengusaha kripik buah, bayangkan betapa repotnya jika mereka harus mengupas serta mengiris buah yang akan mereka jual secara manual? Pasti akan sangat membutuhkan banyak tenaga dan waktu terutama jika buahnya sangat banyak. Dengan adanya teknologi tepat guna, pekerjaan pun akan lebih mudah dan banyak waktu untuk bisa menyelesaikan pekerjaan lainnya. Beberapa teknologi tepat guna di bidang ini yaitu:

Pengupas Ari Kedelai

Di pabrik-pabrik seperti pabrik kecap, tahu, tempe, atau pabrik lainnya yang berhubungan dengan kacang kedelai pasti harus melalui proses pengupasan kulit ari kedelai terlebih dulu. Dalam mengupas kulit air kedelai ini biasanya dilakuan dengan menginjak-injak kedelai, tapi dengan hadirnya mesin pengupas kulit ari, para pekerja tidak perlu menginjak-injak lagi. Selain kebersihannya yang lebih terjamin, hasil produksinya juga bisa meningkat. Selain mesin pengupas ari kacang kedelai, ada juga alat lainnya yai tu pengupas kacang mete. Jika sebelumnya kacang mete dikupas dengan menggunakan tangan, alat ini bisa menjadi solusi dari teknik lama yang melelahkan. Tentunya, hasilnya juga lebih berkualitas dan higienis.

Mesin Pengupas dan Pengiris Bawang

Mengupas dan mengiris bawang merupakan kegiatan yang tidak mudah. Pasalnya kita harus siap berderai air mata ketika mengirisnya. Selain itu juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar, terlebih jika bawang yang diperlukan dalam jumlah banyak. Dengan mesin pengupas dan pengiris bawang ini, pengirisan jadi lebih cepat dan hasil irisannya juga lebih bagus. Selain pengiris bawang, ada juga alat pengiris untuk keripik buah, seperti pisang, singkong, kentang dan lainnya.

Alat Tirisan Minyak

Banyak masyarakat khususnya penjual gorengan yang menggunakan koran bekas atau kertas lainnya untuk meniriskan minyak. Padahal meniriskan minyak menggunakan bahan tersebut berbahaya bagi kesehatan karena kandungan tintanya. Sejak diciptakannya alat peniris minyak ini, gorengan yang dihasilkan bisa semakin renyah dan tentunya minim sisa minyak.

Mesin Penggiling Daging

Alat ini digunakan untuk menggiling daging agar lebih halus yang biasanya diperlukan untuk pembuatan bakso, sosis, dan lain sebagainya.

Bidang Pendidikan  

Beberapa tahun lalu, dalam proses belajar mengajar di sekolah masih menggunakan papan tulis beserta kapur yang berdebu. Tapi saat ini, bidang pendidikan telah mengalami kemajuan yang sangat pesat dengan adanya papan tulis yang bisa ditulis dengan spidol, papan tulis lipat, laptop, hingga proyektor sebagai alat yang menunjang kegiatan belajar mengajar jadi lebih efisien.


2. Tuliskan 5 contoh produk Rekayasa Sistem teknik serta pembuatannya​


5 contoh produk Rekayasa Sistem teknik :

Mesin Penebar Pupuk Alat pencetak arang briket Alat pengering hasil pertanian Alat pengambilan zat warna alam indigoMesin Perontok Padi.Pembahasan :

Sistem Dari Sebuah Produksi Usaha. Untuk Sistem Teknik Produk usaha sistem teknik dirancang dan dikembangkan berdasarkan pada aspek-aspek lingkungan, sosial, budaya, ekonomi, dan etika masyarakat pengguna. Hemat sumber daya, minim dampak polutif, mudah penggunaan dan perawatannya merupakan bagian yang menjadi perhatian. Karya rekayasa inovatif dibuat untuk mempermudah dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam pembuatan produk, di antaranya berupa produk pengolahan hasil pertanian, perkebunan, perikanan, limbah perkebunan yang semua itu merupakan bagian solusi dalam berproduksi. Beberapa contoh aneka produk peralatan sistem teknik antara lain:

Mesin Penebar Pupuk. Jika sebelumnya masyarakat harus bersusah payah menyebarkan pupuk dan harus rata yang ternyata membutuhkan waktu tidak sebentar, kehadiran mesin penebar pupuk ini sangat membantu karena mampu menyebarkan pupuk lebih cepat dan rata dan tentunya tidak mengeluarkan energi sebanyak ketika menebarkan pupuk secara manual. Alat pencetak arang briket. Alat pencetak arang briket adalah kempa yang berfungsi mencetak tepung arang dengan ukuran mesh tertentu yang telah dicampur dengan perekat kanji, sehingga menjadi briket arang dengan ukuran dan bentuk tertentu seperti: kubus, bulat tabung, dan atau bulat pepat. Sistem Dari Sebuah Produksi Usaha Untuk Sistem Teknik Tekanan yang dihasilkan oleh kempa, selain manual dapat juga berasal dari hidraulik, maupun tekanan mekanik menggunakan ulir. Gambar pencetak briket secara manual.Alat pengering hasil pertanian. Sistem Dari Sebuah Produksi Usaha Untuk Sistem Teknik Alat pengering hasil pertanian, menggunakan bahan seng yang diberi warna hitam dengan tujuan untuk menyerap panas, sinar matahari diserap oleh benda (seng) berwarna gelap dan diteruskan kedalam ruangan (oven). Alat ini dibuat untuk mengurangi kadar air hasil pertanian dan baki (tray) yang berfungsi sebagai wadah bahan yang dikeringkan di dalam ruang pengering pada proses penjemuran secara alami sehingga mengenai permukaan bahan yang akan dikeringkan.Alat pengambilan zat warna alam indigo. Proses pengambilan zat warna alam indigo pada dasarnya adalah bagaimana melakukan aerasi pada cairan hasil rendaman daun dari tanaman Indigofera tinctoria. L. Pada Gambar 2.16 Alat untuk pengambilan Zat Warna Alam Indigo melalui sirkulasi cairan dengan menggunakan pompa, memungkinkan terjadinya proses aerasi. Pada saat pompa bekerja cairan pada tangki A diisikan ke dalam tangki B melalui spraiyer S sampai volume tertentu. Proses aerasi berlangsung pada saat air dispraykan melalui sprayer S. Cairan di tamping pada tangki C jika proses aerasi selesai.Mesin Perontok Padi. Jika sudah memasuki musim panen, para petani tentunya bersiap untuk melakukan perontokan padi dan kemudian menjualnya. Namun kegiatan merontokkan padi ternyata membutuhkan tenaga yang besar karena harus dipukul dan ditumbuk. Selain itu, merontokkan padi dengan cara ini juga beresiko membuat biji padi menjadi pecah dan menghasilkan beras yang kurang bagus. Sejak ditemukannya mesin perontok padi, para petani tentu sangat dimudahkan dalam merontokkan padi, selain itu alat ini juga mampu meningkatkan kualitas beras.  Pelajari lebih lanjut :Materi tentang Rekayasa Sistem teknik brainly.co.id/tugas/13413713Materi tentang Contoh Rekayasa Sistem teknik brainly.co.id/tugas/13220809Materi tentang Manfaat Rekayasa Sistem teknik brainly.co.id/tugas/12697258Detail Jawaban :

Kelas: 7

Mata Pelajaran : TIK

Bab : 3 - Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kehidupan

Kode: 7.11.3

#AyoBelajar#SPJ5


3. sebutkan 5 produk pada sistem teknik rekayasa? ​


Jawaban:

Penjelasan:

1. Aneka Produk Usaha Sistem Teknik

Produk usaha sistem teknik dirancang dan dikembangkan berdasarkan pada aspek-aspek lingkungan, sosial, budaya, ekonomi, dan etika masyarakat pengguna. Hemat sumber daya, minim dampak polutif, mudah penggunaan dan perawatannya merupakan bagian yang menjadi perhatian. Karya rekayasa inovatif dibuat untuk mempermudah dan meningkatkan efsiensi dan efektiftas dalam pembuatan produk, di antaranya berupa produk pengolahan hasil pertanian, perkebunan, perikanan, limbah perkebunan yang semua itu merupakan bagian solusi dalam berproduksi. Beberapa contoh aneka produk peralatan sistem teknik antara lain:

a. Alat pencetak arang briket

Alat pencetak arang briket adalah kempa yang berfungsi mencetak tepung arang dengan ukuran mesh tertentu yang telah dicampur dengan perekat kanji, sehingga menjadi briket arang dengan ukuran dan bentuk tertentu seperti: kubus, bulat tabung, dan atau bulat pepat. Tekanan yang dihasilkan oleh kempa, selain manual dapat juga berasal dari hidraulik, maupun tekanan mekanik menggunakan ulir. Gambar pencetak briket secara manual ditunjukkan pada Gambar dibawah ini yang dapat memanfaatkan bahan yang ada di wilayah sekitar.

b. Alat pengering hasil pertanian

Alat pengering hasil pertanian, menggunakan bahan seng yang diberi warna hitam dengan tujuan untuk menyerap panas, sinar matahari diserap oleh benda (seng) berwarna gelap dan diteruskan kedalam ruangan (oven). Alat ini dibuat untuk mengurangi kadar air hasil pertanian dan baki (tray) yang berfungsi sebagai wadah bahan yang dikeringkan di dalam ruang pengering pada proses penjemuran secara alami sehingga mengenai permukaan bahan yang akan dikeringkan.

c. Kompor Batik

Kompor listrik untuk membatik digunakan untuk menggantikan kompor sumbu yang menggunakan minyak tanah yang saat ini sudah jarang didapatkan. Hal ini dapat menghemat biaya produksi untuk memanaskan lilin atau malam untuk membatik. Kompor listrik didesain menggunakan elemen pemanas yang dibuat spiral yang dialiri arus listrik AC 220 Volt/50 Hz mengkonversi dari energi listrik menjadi energi panas. Kompor dilengkapi dengan saklar push button dan potensiometer serta lampu indikator.

d. Alat pengambilan zat warna alam indigo

Proses pengambilan zat warna alam indigo pada dasarnya adalah bagaimana melakukan aerasi pada cairan hasil rendaman daun dari tanaman Indigofera tinctoria. L. Pada Gambar dibawah ini Alat untuk pengambilan Zat Warna Alam Indigo melalui sirkulasi cairan dengan menggunakan pompa, memungkinkan terjadinya proses aerasi. Pada saat pompa bekerja cairan pada tangki A diisikan ke dalam tangki B melalui spraiyer S sampai volume tertentu. Proses aerasi berlangsung pada saat air dispraykan melalui sprayer S. Cairan di tamping pada tangki C jika proses aerasi selesai.

Produk peralatan sistem teknik lainnya, diantaranya alat pembuat tepung misalnya alat pembuat tepung, terdiri dari dua komponen utama, yaitu penghalus dan penyaring. Penghalus dapat berupa grind, yaitu pertemuan dua buah logam yang berputar berlawanan arah dan menghancurkan benda yang hendak dihaluskan. Penyaring berfungsi mengayak tepung dengan ukuran mesh tertentu. Produk peralatan pres gambir, alat berbentuk kempa (tekanan) yang dihasilkan baik dari tenaga hidrolik maupun mekanik. Spiner sebagai salah satu alat yang digunakan untuk memisahkan produk olahan dari cairan atau minyak.

2. Manfaat Produk Usaha Sistem Teknik

Manfaat karya rekayasa produk peralatan sistem teknik :

a. Keberadaan karya produk usaha sistem teknik memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat yang menggunakannya

b. Solusi bagi peningkatan produktiftas dan efektiftas dalam menjalankan produksi usaha rumahan (home industry)

c. Memberikan kemudahan, meningkatkan kualitas dan jumlah dalam berproduksi

d. Memacu kreativitas dan inovatif pembuatnya untuk terus berkarya mencapai optimal

e. Terciptanya lapangan pekerjaan untuk mewujudkan karya inovasi.


4. Sebutkan beberapa produk rekayasa peralatan sistem teknik?..tolong bantu jawab ​


Jawaban:

BIDANGPERTANIAN

Mesin penebar pupukperontok padipemipil jagung

BIDANGUSAHAKECIL

Mesin pengupas ari kedelaiMesin pengupas dan pengiris bawangAlat tirisan minyakAlat penggiling daging

Penjelasan:

contoh produk rekayasa sistem teknik

https://brainly.co.id/tugas/13220809?utm_source=android&utm_medium=share&utm_campaign=question


5. Berikut ini manfaat produk rekayasa sistem teknik bagi penggunanya​


Jawaban:

Manfaat Produk Usaha Sistem Teknik

Produk usaha sistem teknik memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah manfaat karya rekayasa produk peralatan sistem teknik

a. Keberadaan karya produk hasil usaha sistem teknik memberikan manfaat serta kesejahteraan kepada masyarakat yang menggunakannya

b. Solusi bagi peningkatan produktifitas dan efektifitas dalam menjalankan produksi usaha rumahan (home industry)

c. Memberikan kemudahan, meningkatkan kualitas dan jumlah dalam berproduksi

d. Memacu kreativitas dan inovatif pembuatnya untuk terus berkarya mencapai optimal

e. Terciptanya lapangan pekerjaan untuk mewujudkan karya inovasi.

Penjelasan:

maaf kalo salah


6. mencari di internet tentang produk Rekayasa Sistem teknik kemudian membuat resume atau ringkasan nya​


Jawaban:

Bidang Pertanian

Bidang pertanian banyak memanfaatkan teknologi tepat guna untuk memudahkan pekerjaan para petani. Teknologi ini juga dinilai lebih efektif dan efisien dan mampu meningkatkan kualitas panen yang dihasilkannya. Beberapa teknologi tepat guna di bidang pertanian di antaranya:

Mesin Penebar PupukJika sebelumnya masyarakat harus bersusah payah menyebarkan pupuk dan harus rata Mesin Perontok PadiMesin Perontok PadiJika sudah memasuki musim panen, para petani tentunya bersiap untuk melakukan perontokan padi dan kemudian menjualnyaMesin Pemipil JagungMesin Pemipil JagungKetika telah memasuki musim panen, sebelum jagung dijual biasanya dijemur dan dilakukan pemipilan terlebih dahulu

Bidang Usaha Kecil

Bidang Usaha Kecil Pelaku usaha kecil membutuhkan berbagai teknologi tepat guna untuk mempermudah pekerjaannya.

Teknologiyangtepatuntukpengerjaanini:

Pengupas Ari Kedelaidi pabrik-pabrik seperti pabrik kecap, tahu, tempe, atau pabrik lainnya yang berhubungan dengan kacang kedelaiAlat Tirisan MinyakAlat Tirisan MinyakBanyak masyarakat khususnya penjual gorengan yang menggunakan koran bekas atau kertas lainnya untuk meniriskan minyak

Penjelasan:

SEMOGA MEMBANTU ^_°


7. Tuliskan tentang komponen perencanaan usaha produk rekayasa bidang sistem teknik!


Komponen perencanaan usaha produk rekayasa bidang sistem teknik :

Tahap memulaiTahap Melaksanakan  Tahap Mempertahankan  Tahap mengembangkan

Pembahasan :

Usaha produk rekasaya adalah sebuah pengaplikasian dari ilmu pengetahuan dan mengajarkan kita tentang bagaimana belajar mandiri, mengorganisasikan suatu pekerjaan secara sistematis, memecahkan permasalahan teknis,

Terdiri dari beberapa tahap seperti :Tahap memulai

Di tahap ini pengusaha mengumpulkan ide dan niat dalam membuat produk tersebut dimana melihat semua apsek seperti bagaimana peluang produk, sumber daya pada usaha produk rekayasa yang direncanakan dan sebuah prosedur pembuatan

Tahap Melaksanakan  

Di tahap ini adalah melaksanakan apa yang telah kita rencanakan dan semua dari proses pekerjaan ini kita awasi mulai dari tenaga kerja, uang,peralatan,bahan dan lain lain selain itu ada juga pembuatan dan pegelolaan organisasi dan juga harus mengutamakan  keselamatan kerja dan mengembangkan sikap peduli lingkungan.

Tahap Mempertahankan  

Dalam tahap ini pengusaha di wajibkan dapat menganalisis perkembangan dan ditindaklanjuti sesuai dengan kondisi yang dihadapi agar produk dalam pembuataan nya dapat berjalan dengan lancar dan baik

Tahap mengembangkan

Pengusaha harus mengembangkan Kreativitas dan inovasi  nya dalam produk nya karena tidak semua produk dapat diterima oleh masyarakat saat itu baik  bergerak dibidang jasa maupun produk

Pelajari lebih lanjut :

Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor produksi! brainly.co.id/tugas/579371

Pengertian produsen, konsumen, dan distributor brainly.co.id/tugas/142851

Detil Jawaban

Mapel : Ilmu Sosial (IPS)

Kelas : 8 SMP

Materi : Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi

Kata Kunci : Produk rekayasa

Kode Soal : 10

Kode Kategorisasi : 8.10

#Tingkatkanprestasimu

8. Jelaskan pengertian sistem teknik pada produk rekayasa yang berpeluang menjadi wirausaha!


Jawaban:

Ide Kewirausahaan

Nilai suatu barang atau produk dapat diciptakan melalui:

Inovasi

Keberhasilan wirausaha dicapai apabila wirausaha menggunakan produk, proses, dan jasa-jasa inovasi sebagai alat untuk menggali perubahan.

Mengubah tantangan menjadi peluang

Menciptakan permintaan melalui penemuan baru (market driven).

Menurut Zimmerer, ide-ide yang berasal dari wirausaha dapat menciptakan peluang untuk memenuhi kebutuhan pasar. Dalam mengevaluasi ide, wirausaha perlu mengidentifikasi dan mengevaluasi semua resiko yang mungkin terjadi dengan cara:

Pengurangan resiko melalui strategi yang proaktifPenyebaran resiko pada aspek yang paling mungkinPengelolaan resiko yang mendatangkan nilai atau manfaat

Ada tiga resiko yang perlu dievaluasi, yaitu:

Resiko pasar atau resiko persaingan, terjadi akibat adanya ketidakpastian pasarResiko finansial, terjadi akibat rendahnya hasil penjualan dan tingginya biayaResiko teknik, terjadi akibat kegagalan teknik

Bagaimana ide dapat menjadi peluang, ada beberapa cara untuk melakukannya yaitu:

Ide dapat digerakkan secara internal melalui perubahan cara-cara/metoda yang lebih baik untuk dapat memenuhi kepuasan pelangganIde dapat dihasilkan dalam bentuk produk dan jasa baruIde dapat dihasilkan dalam bentuk modifikasi, bagaimana pekerjaan dilakukan atau dimodifikasi cara melakukan suatu pekerjaan

Sumber-sumber Potensial Peluang

Proses penjaringan ide disebut screeningyang merupakan suatu cara terbaik untuk menuangkan ide potensial menjadi produk atau jasa riil. Adapun langkah-langkah dalam penjaringan ide (screening) ide dapat dilakukan dengan cara Menciptakan produk baru dan berbeda, mengamati pintu peluang, analisis produk dan proses produksi secara mendalam, menaksi biaya awal, dan memperhitungkan resiko yang mungkin terjadi.

Menciptakan Produk Baru dan Berbeda

Produk dan jasa yang dibuat harus menciptakan nilai bagi pembeli, untuk itu wirausaha harus benar-benar mengenal perilaku konsumen di pasar.

Ada dua unsur pasar yang perlu diperhatikan:

Permintaan terhadap barang/jasa yang dihasilkanWaktu penyerahan dan waktu permintaan barang/jasa

Kemampuan untuk memperoleh peluang, sangat bergantung pada kemampuan wirausaha untuk menganalisis pasar, yang meliputi aspek:

Analisis demografi pasarAnalisis serta tingkah laku pesaingAnalisis keunggulan bersaing pesaing dan kevakuman pesaing yang dapat dianggap dapat menciptakan peluang

Mengamati Pintu Peluang

Wirausaha harus mengamati potensi-potensi yang dimiliki pesaing, misalnya:

Kemungkinan pesaing mengembangkan produk baruPengalaman keberhasilan dalam mengembangkan produk baruDukungan keuanganKeunggulan-keunggulan yang dimiliki pesaing di pasar

Kemampuan pesaing untuk mempertahankan posisi pasar dapat dievaluasi dengan mengamati kelemahan-kelemahan dan resiko pesaing dalam menanamkan modal barunya.

Pintu peluang usaha baru dapat diperoleh dengan cara (Zimmerer):

Produk baru harus segera dipasarkan dalam jangka waktu yang relatif singkatKerugian teknik harus rendahBila pesaing tidak begitu agresif untuk mengembangkan strategi produknyaPesaing tidak memiliki teknologi yang canggihPesaing sejak awal tidak memiliki strategi dalam mempertahankan posisi pasarnyaPerusahaan baru memiliki kemampuan dan sumbe-sumber untuk menghasilkan produk barunya

Memperhitungkan Resiko yang Mungkin Terjadi

Resiko pesaing, kemampuan dan kesediaan pesaing untuk mempertahankan posisi pasarnya:

Kesamaan dan keunggulan produk yang dikembangkan pesaingTingkat keberhasilan yang dicapai pesaing dalam pengembangan produknyaSeberapa besar dukungan keuangan pesaing bagi pengembangan produk baru

Resiko teknik adalah kegagalan dalam proses pengembangan produk. Sedangkan resiko finansial adalah kegagalan yang timbul akibat ketidakcukupan dana.

Bekal Pengetahuan dan Kompetensi Kewirausahaan

Untuk menjadi wirausaha yang berhasil, persyaratan utama yang harus dimiliki adalah memiliki jiwa dan watak kewirausahaan. Jiwa dan watak kewirausahaan tersebut dipengaruhi oleh keterampilan, kemampuan, atau kompetensi. Komptensi itu sendiri ditentukan oleh pengetahuan dan pengalaman.

Wirausahawan adalah seseorang  yang memiliki jiwa dan kemampuan tertentu dalam berkreasi dan berinovasi, ia memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.

Kemampuan kreatif dan inovatif tersebut tercermin dalam:

Kemampuan dan kemauan untuk memulai usaha (start-up)Kemampuan untuk mengerjakan sesuatu yang baru (creative)Kemampuan dan kemampuan untuk mencari peluang (opportunity)Kemampuan dan keberanian untuk menanggung resiko (risk bearing)Kemampuan untuk mengembangkan ide dan meramu sumber daya

Kemauan dan kemampuan-kemampuan tersebut diperlukan terutama untuk:

Menghasilkan produk atau jasa baruMenghasilkan nilai tambah baruMerintis usaha baruMelakukan proses/teknik baruMengembangkan organisasi baru


9. jelaskan apa yg dimaksud dg wirausaha ,produk rekayasa,sistem teknik​


Jawaban:

Teknik kewirausahaan adalah subdisiplin dari teknik sistem yang mengaplikasikan pengetahuan dan metode teknik sistem untuk mendesain sebuah usaha atau bisnis. Teknik kewirausahaan mendayagunakan aspek kewirausahaan, termasuk proses, laju aliran informasi, dan struktur organisasi.

Penjelasan:

maap kalo salah:)

Jawaban:

a. Wirausaha adalah sebuah kegiatan usaha atau suatu bisnis mandiri yang setiap sumber daya dan kegiatannya dibebankan kepada pelaku usaha atau wirausahawan terutama dalam hal membuat produk baru, menentukan bagaimana cara produksi baru, maupun menyusun suatu operasi bisnis dan pemasaran produk serta mengatur permodalan usaha. Wirausaha memiliki tujuan untuk menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan sebelum diolah.

b. Produk rekayasa adalah produk – produk yang dibuat denan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Produk rekayasa dapat berupa alat alat berbasis elektronik seperti robot yang berguna untuk membantu proses produksi barang jenis tertentu.

c. Teknik Sistem adalah pendekatan multi-disiplin ilmu untuk menciptakan atau mengelola sistem yang besar dan rumit yang mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan teknis maupun bisnis. Teknik Sistem dikembangkan oleh NASA sejak tahun 1940-an pada proyek-proyek kedirgantaraan dan pertahanan.


10. sebutkan dan jelaskan satu produk sistem rekayasa sistem teknik​


Jawaban:

Produk rekayasa adalah produk – produk yang dibuat denan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Produk rekayasa dapat berupa alat alat berbasis elektronik seperti robot yang berguna untuk membantu proses produksi barang jenis tertentu.


11. sebutkan contoh produk rekayasa yang dibuat dengan teknik merakit


suatu produk yang tidak asli misal merek sama tapi kualitas berbeda .telepon gengam
#kalaunurutsayabegitu
#maafkalausalah

12. Jelaskan tujuan dari produk rekayasa peralatan sistem teknik


menghias rumah agar menarik dan terlihat segar dan sangat indah

13. Tuliskan dan jelaskan 5 produk rekayasa sistem teknik


Jawaban:

Makanan kering dan minuman dan makanan basah dan snak


14. alat perajang sampah organik adalah produk rekayasa peralatan sistem teknik di bidang


dibidang ekonomi tecknologistik

15. proses perancangan produk rekayasa peralatan sistem teknik meliputi apa saja?


produk,maaf kalo salah

16. Sebutkan manfaat produk rekayasa peralatan sistem teknik!


manfaatnya yaitu
a. keberadaan karya rekayasa
teknologi tepat guna memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat yang menggunakannya.
b. solusi bagi peningkatan
produktifitas dan efektifitas dalam menjalankan produksi usaha rumahan (home industry) , industry kecil dan menengah (IKM).
c. Memberikan kemudahan, meningkatkan kualitas dan jumlah dalam berproduksi.
d. Memacu kreatifitas dan inovatif pembuatnya untuk terus berkaya mencapai optimal.
e. Terciptanya lapangan pekerjaan untuk mewujudkan karya inovasi.

Jawaban:

Membutuhkan tenaga manusia yang banyak , dibutuhkan banyak orang untuk membuat 1 produk


18. Berikut yang bukan merupakan manfaat karya rekayasa produk peralatan sistem teknik adalah


Jawaban:

Menciptakan persaingan yang sehat antar produsen

Penjelasan:

maaf kalo ada yang salah


19. sebutkan manfaat dari rekayasa produk sistem teknik


manfaatnya yaitu a. keberadaan karya rekayasa teknologi tepat guna memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat yang menggunakannya. b. solusi bagi peningkatan produktifitas dan efektifitas dalam menjalankan produksi usaha rumahan (home industry) , industry kecil dan menengah (IKM). c. Memberikan kemudahan, meningkatkan kualitas dan jumlah dalam berproduksi. d. Memacu kreatifitas dan inovatif pembuatnya untuk terus berkaya mencapai optimal. e. Terciptanya lapangan pekerjaan untuk mewujudkan karya inovasi.


20. Bentuk produk rekayasa sistem teknik beserta keunggulannya


Jawaban:

Jawaban ada di situ semua atau foto diatas

Penjelasan:

Jangan lupa follow me @Pa420043


Video Terkait


    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar