Sabtu, 21 Januari 2023

Soal Essay Manajemen Risiko


Soal Essay Manajemen Risiko

contoh soal dan jawaban risiko dan pendapatan pada mata kuliah manajemen keuangan?

Daftar Isi

1. contoh soal dan jawaban risiko dan pendapatan pada mata kuliah manajemen keuangan?


Jawaban:

Materi Kuliah Manajemen Keuangan 1 : RISIKO DAN PENDAPATAN

HASIL DAN RISIKO (RETURN AND RISK):

-Dollar Returns (Ross):

the sum of the cash received and the change in value of the asset, in dollars.

-Percentage Returns(Ross):

the sum of the cash received and the change in value of the asset divided by the original investment.

-Dollar Return:

Dividend + Change in Market Value.

Penjelasan:

semogamembantu


2. Jelaskan perbedaan antara pengukuran risiko dengan manajemen risiko


• Pengukuran resiko adalah usaha untuk mengetahui besar/kecilnya resiko yang akan terjadi. Hal ini dilakukan untuk melihat tinggi rendahnya resiko yang dihadapi perusahaan, kemudian bisa melihat dampak dari resiko terhadap kinerja perusahaan sekaligus bisa melakukan prioritisasi resiko, resiko yang mana yang paling relevan.

• Manajemen risiko adalah suatu pendekatan terstruktur/metodologi dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman; suatu rangkaian aktivitas manusia termasuk: Penilaian risiko, pengembangan strategi untuk mengelolanya dan mitigasi risiko dengan menggunakan pemberdayaan/pengelolaan sumberdaya.Pengukuran Resiko adalah usaha untuk mengetahui besar/kecilnya resiko yang akan terjadi, Sedangkan Manajemen Resiko adalah proses identifikasi, analisis, penilaian, pengendalian, dan penghindaran, minimalisasi, atau penghapusan risiko yang tidak dapat diterima.

Semoga Membantu.

3. Apa manajemen non risiko


Jawaban:

sumber daya manusia sdm


4. Langkah pertama dalam manajemen risiko adalah


ialah mencari tahu letak pasti di mana akan terjadinya resiko itu.

5. Jelaskan kerangka manajemen risiko organisasi?


Keberhasilan manajemen risiko akan tergantung pada efektivitas kerangka kerja yang digunakan untuk memberikan dasar-dasar dan pengaturan dalam organisasi di semua tingkatan. Kerangka kerja tersebut membantu mengelola risiko secara efektif melalui penerapan proses manajemen risiko pada berbagai tingkat dan dalam konteks spesifik organisasi. Kerangka kerja memastikan bahwa informasi tentang risiko yang berasal dari proses manajemen risiko dilaporkan dan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan dan akuntabilitas di semua tingkat organisasi yang relevan.


6. Sebutkan fungsi manajemen resikoSebutkan dan jelaskan fungsi manajemen risiko ​


Jawaban:

Manajemen risiko (risk management) memiliki fungsi perencanaan, pengaturan, pemimpinan, dan pengontrolan aktivitas sebuah organisasi untuk meminimalisir resiko pendapatan perusahaan

Penjelasan:

semoga membantu ya


7. apa itu risiko manajemen keuangan


Jawaban:

maksudnya Manajemen Resiko Keuangan : Manajemen risiko adalah proses yang terarah dan bersifat proaktif yang bertujuan untuk mengakomodasi kemungkinan gagal pada salah satu atau sebagian dari sebuah transaksi atau instrumen dalam suatu data keuangan.


8. seperti apakah manajemen risiko sistem informasi yang berhasil?


Jawaban:

Penerapan manajemen risiko yang berhasil ditunjukkan dengan adanya identifikasi dan analisis risiko sesuai tingkat kepentingannya. Risiko dimitigasi, dilacak, dan dikendalikan secara efektif. Permasalahan dicegah sebelum terjadi dan pegawai secara sadar fokus pada apa yang akan mempengaruhi pencapaian tujuan.


9. apa pentingnya mempelajari manajemen risiko​


Jawaban:

Manajemen risiko sangat penting untuk dilakukan karena bisa mempersiapkan perusahaan untuk menghadapi kondisi tertentu yang menyebabkan kerugian bagi perusahaan. ... Manajemen risiko bisa menghitung dan mengukur besarnya risk exposure dan menetapkan alokasi sumber-sumber dana sekaligus limit risiko yang lebih tepat.

Penjelasan:

semoga bermanfaat

Jawaban:

agar tau apa resiko ygterjadijikamelakukansesuatu


10. apa saja yang termasuk famework manajemen risiko​


Jawaban:

Dalam COSO ERM, manajemen risiko terdiri dari delapan komponen yang saling terkait, yaitu:

Lingkungan internal. ...

Penetapan sasaran. ...

Identifikasi kejadian. ...

Penilaian risiko. ...

Perlakuan risiko. ...

Aktivitas pengendalian. ...

Informasi dan komunikasi. ...

Pemantauan.

Penjelasan:

maaf kalau salah


11. jelaskan pengertian manajemen risiko?


Manajemen risiko adalah suatu pendekatan terstruktur/metodologi dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman; suatu rangkaian aktivitas manusia termasuk: Penilaian risiko, pengembangan strategi untuk mengelolanya dan mitigasi risiko dengan menggunakan pemberdayaan/pengelolaan sumberdaya.
adalah sebuah sistem pengawasan resiko serta sistem perlindungan inventaris,harta benda ,keuntungan,dan hak milik sebuah badan usaha atau perusahaan ataupun perorangan dari kemungkinan kerugian yg di alami sebagai akibat adanya suatu resiko

12. Apa tujuan mempelajari manajemen risiko


Tujuan memepelajari manajemen risiko adalah untuk memahami risiko risiko yang ada disekitar kita dan bagaimana cara mengatasinya serta meminimalisir atau bahkan menghilangkan risiko yang ada agar kerugian dapat dihindari.


13. jelaskan apa saja yang di pelajari di manajemen risiko ?


jenis risiko dalam bentuk teks komersial, proses analisis resiko, standar menejemen risiko, cara pengembangan perangkat manajemen risiko dalam organisasi perusahaan

14. 13. Bagaimana anda melihat pentingnya komunikasi dan konsultasi sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari proses manajemen risiko? A. Salah satu prinsip manajemen risiko menuntut adanya manajemen risiko yang transparan dan inklusif, sehingga komunikasi dan konsultasi akan memperlambat proses manajemen risiko B. Manajemen risiko harus dilakukan oleh seluruh bagian organisasi dan memperhitungkan kepentingan dari seluruh stakeholders organisasi, sehingga komunikasi dan konsultasi akan memperpanjang jalur birokrasi pengambilan keputusan C. Manajemen risiko yang transparan dan inklusif membutuhkan komunikasi dan konsultasi agar tercipta dukungan yang memadai pada kegiatan manajemen risiko dan membuat kegiatan manajemen risiko menjadi tepat sasaran. D. Tidak terbantahkan komunikasi dan konsultasi akan membatasi terpenuhinya kepentingan dari seluruh pemangku kepentingan di dalam organisasi


Pentingnya komunikasi dan konsultasi sebagai bagian yang tidak terpishkan dari proses manajemen risiko adalah manajemen risiko yang transparan dan inklusif membutuhkan komunikasi dan konsultasi agar tercipta dukungan yang memadai pada kegiatan manajemen risiko dan membuat kegiatan manajemen risiko menjadi tepat sasaran. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan

Manajemen risiko adalah proses mengidentifikаsi, mengаnаlisis, mengevаluаsi, mengendаlikаn, dаn berusаhа menghindаri, meminimаlkаn, аtаu bаhkаn menghilаngkаn risiko yаng tidаk dаpаt diterimа. Dаlаm hаl ini risiko berkаitаn dengаn pendekаtаn аtаu metodologi dаlаm menghаdаpi ketidаkpаstiаn dаlаm bisnis.

Dalam pelaksanaan manajemen risiko dibutuhkan komunikasi dan konsultasi yang baik sehingga pelaksanaannya memperoleh dukungan yang memadai dan kegiatannya menjadi tepat sasaran.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang manajemen risiko pada https://brainly.co.id/tugas/5798758

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1


15. Manfaat dari manajemen risiko islam


Jawaban:

Konsep bahwa segala harta kekayaan ini adalah milik Allah SWT akan mendorong perilaku manusia untuk bersikap amanah, baik amanah dalam mencari harta dan amanah dalam membelanjakan harta. Dalam kerangka menjaga amanah itulah kemudian manusia memerlukan interaksi dengan manusia lainnya untuk mencapai kesejahteraan dirinya dan sesamanya. Demi menjaga amanah kemudian manusia berusaha dengan mengerahkan segala sumber daya yang ada untuk menegakkan amanah yang diembannya. Manajemen risiko adalah merupakan salah satu metode untuk mengelola risiko yang dihadapi dalam menjaga amanah dari baik dari sesame manusia terlebih amanah Allah SWT yang dibebankan kepada manusia. Semakin baik manajemen risiko, maka semakin amanahlah manusia di mata sesame manusia dan di mata Allah SWT.

Dengan adanya manajemen risiko maka manusia berharap dapat mengurangi ketidakpastian yang bisa menimbulkan kerugian atau dalam rangka memperkecil tingkat deviasi standar antara harapan dengan realita. Dalam beberapa kasus, risiko bisa menghancurkan suatu organisasi atau perusahaan.


16. apa tujuan dari manajemen risiko keredit ?​


Jawaban:

Tujuan dari manajemen risiko kredit adalah untuk memaksimalkan tingkat pengembalian kepada bank dengan menjaga resiko pemberian kredit supaya berada di parameter yang dapat diterima. Bank perlu mengelola risiko kredit dari seluruh portofolio serta risiko dari individu atau kredit atau transaksi


17. kesimpulan manajemen risiko organisasi​


Jawab:

Komitmen direksi untuk menerapkan manajemen risiko.

Direksi harus memiliki kesepakatan mengenai perlunya organisasi menerapkan manajemen risiko yang terintegrasi atau Integrated Risk Management (IRM).

Memilih unit yang bertugas mengembangkan dan menerapkan manajemen risiko.

Contoh: menyerahkan manajemen risiko pada direktur keuangan karena dekat dengan urusan keuangan, menyerahkan kepada direktur SDM, atau membentuk unit manajemen risiko sendiri.

Membuat manajemen risiko.

Setelah memilih unit yang bertugas mengembangkan dan menerapkan manajemen risiko, kemudian unit tersebut dapat membuat pedoman manajemen risiko.

Membangun kesadaran pentingnya manajemen risiko.

Perlu dibangun dan disosialisasikan kepada karyawan untuk membentuk pola pikir manajemen risiko pada seluruh karyawan.

Setelah memutuskan untuk menerapkan manajemen risiko, perusahaan harus segera melaksanakan manajemen risiko. Langkah-langkah pelaksanaan manajemen risiko adalah sebagai berikut:

Register risiko.

Pemangku bisnis dan pemangku risiko harus mengenali risiko di unitnya, mengenali apa dan seberapa besar dampaknya.  Register risiko dibagikan ke seluruh unit. Register risiko dapat dibagikan di website atau intranet. Setiap unit dapat memberi masukan atau mengoreksi register risiko.

Unit manajemen risiko kemudian mengoordinasi dan menyelaraskan manajemen risiko dari seluruh pemangku bisnis.

Dengan ini, bisa diidentifikasi risiko tiap unit, divisi, atau direktorat.

Menetapkan respon risiko atau mitigasi risiko.

Tetapkan bagaimana untuk merespon risiko dari tiap unit setelah diidentifikasi


18. jelaskan pengertian manajemen risiko


Manajemen resiko adl manajemen yg menanggung resiko resiko, seperti contohnya Bencana alam

19. bagaimana pandangan anda mengenai manajemen risiko sebelum dan sesudah mempelajari konsep dasar risiko


Jawaban:

proses identifikasi pengukuran dan kontrol keuangan dari sebuah risiko yangmengancamasetdanpenghasilandarisebuahperusahaanatauproyek dariyangdapatmenimbulkankerusakanataukerugianpadaperusahaantersebut

maafkalausalah

20. jelaskan pengertian manajemen risiko​


Penjelasan:

Manajemen risiko adalah suatu pendekatan terstruktur/metodologi dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman; suatu rangkaian aktivitas manusia termasuk: Penilaian risiko, pengembangan strategi untuk mengelolanya dan mitigasi risiko dengan menggunakan pemberdayaan/pengelolaan


Video Terkait


    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar