Sabtu, 04 Maret 2023

Buatlah Rancangan Inovasi Kultur Jaringan Pada Suatu Jenis Tanaman


Buatlah Rancangan Inovasi Kultur Jaringan Pada Suatu Jenis Tanaman

Contoh rancangan inovasi kultur jaringan pada suatu jenis tanaman

Daftar Isi

1. Contoh rancangan inovasi kultur jaringan pada suatu jenis tanaman


Jawaban:

Contoh rancangan inovasi kultur jaringan dapat melalui metode kultur kalus.

Kalus adalah sekumpulan sel amorphous (tidak berbentuk atau belum terdiferensiasi) yang terbentuk dari sel-sel yang membelah terus menerus secara in vitro.

Manfaat dari metode kultur kalus yaitu dapat menghasilkan bibit yang banyak, menjaga plasma nutfah dari tanaman tersebut, menghemat lahan, dan bebas penyakit.

Tanaman yang akan dikaluskan yaitu tanaman padi, karena tanaman padi sendiri merupakan tanaman pokok yang menyediakan sumber karbohidrat bagi masyarakat Indonesia. Bibit tanaman padi perlu diperbanyak, karena kebutuhannya yang meningkat. Usaha untuk meningkatkan produksi bibit padi di Indonesia salah satunya melalui metode kultur kalus, karena melalui metode ini dalam satu benih padi dapat menghasilkan ribuan sel yang dapat beregenerasi menjadi puluhan bibit.

Semoga bermanfaat :)


2. Buatlah rancangan inovasi kultur jaringan pada suatu jenis tanaman (selain kultur jaringan wortel) berdasarkan kombinasi ilmu pemuliaan tanaman dan bioteknologi! Silahkan menyajikan langkah-langkah dan gambar konseptualnya.


Inovasi kultur jaringan pada pohon pisang

Pemilihan rumpun induk.

Rumpun induk bisa merupakan rumpun induk yang telah diregistrasi atau bersertifikat. Rumpun yang anakannya akan diperbanyak menjadi benih sebar harus sehat dan vigor.

Pemilihan anakan

Anakan yang akan diambil untuk materi perbanyakan adalah anakan yang sehat, diameter bonggolnya berkisar 10-15 cm. Anakan air (tunasi air) tidak dipakai karena disamping ukuran bonggolnya kecil dan pertumbuhannya kurang bagus.

Indeksing BBTV.

Indeksing terhadap penyakit BBTV dilakukan secara rutin terhadap tumpun induk, terutama terhadap anakan yang akan dipakai sebagai sumber eksplan.

Pengambilan dan pencucian anakan.

Anakan yang sudah dipastikan bebas BBTV diambil secara hati-hati menggunakan linggis dengan ujung pisau lebar, agar tidak rusak. Anakan dicuci bersih menggunakan deterjen pada air kran atau air mengalir.

Sterilisasi eksplan.

Bonggol dikupas sampai berukuran 5 cm dan direndam dalam alkohol 70% selama 10 menit, dilanjutkan clorox atau larutan pemutih 100% (5,25% sodium hypochlorite) selama 10 menit. Di dalam laminar, bonggol dikupas lagi sampai berukuran 3 cm dan direndam dalam 8% larutan pemutih selama 10 menit, kemudian dibilas dengan aquades steril sebanyak tiga kali. Sebelum ditanam eksplan dikupas sampai berukuran 1 cm dan dibelah menjadi empat bagian.

Inisiasi dan subkutur multiplikasi.

Inisiasi eksplan dan subkultur biakan dilaksanakan di dalam Laminar Air Flow Cabinet (LAFC).

Eksplan yang sudah dibagi menjadi 4 bagian ditanam dalam botol kultur yang berisi media kultur padat MS  Satu bulan setelah kultur biakan sudah berkembang, pelepah membuka dan dibuang agar tunas yang berada di antara pelepah bisa tumbuh. Pembuangan pelepah dilakukan di atas petridish steril. Setelah pelepah dibuang, biakan dipindah ke media baru dengan komposisi yang sama.Satu bulan kemudian tunas-tunas mulai tumbuh dan perlu dipisahkan dan disubkultur ke media baru. Biakan dikuluarkan dari botol kultur dan ditempatkan pada petridis steril.Daun dan pelepah dari eksplan dibuang dan disisakan bonggol kecil sajaBonggol kecil ditanam ke dalam media MS padat yang mengandung BAP Subkultur dilakukan setiap bulan, sampai diperoleh tunas (planlet) yang siap untuk diaklimatisasi (tinggi ± 3 cm dan sudah berakar).

Aklimatisasi.

Agar tunas bisa tumbuh dan beradaptasi dengan lingkungan luar botol, maka perlu diaklimatisasi.

Transplanting.

Satu bulan setelah aklimatisasi planlet dapat dipindah ke polibag yang berisi campuran media tanah dan pupuk kandang (1:1).

Pembahasan

Teknik kultur jaringan  merupakan suatu teknik memperbanyak tumbuhan dalam skala besar dan  waktu yang singkat.

Teknik kultur jaringan dibuat dengan mengambil sel atau jaringan pada  tumbuhan, bisa melalui potongan kecil daun, akar, batang, atau bagian  tumbuhan yang lainnya. Potongan tumbuhan tersebut lalu ditumbuhkan di  suatu medium yang telah dipersiapkan dan mengandung semua zat yang  diperlukan untuk pertumbuhan tumbuhan. Dari potongan tumbuhan  tersebut, akan tumbuh menjadi individu baru yang utuh.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang kultur jaringan https://brainly.co.id/tugas/3415779

Materi tentang inovasi kultur jaringan wortel https://brainly.co.id/tugas/7355552

Materi tentang inovasi kultur jaringan pisang https://brainly.co.id/tugas/14662879

Detail Jawaban

Kelas : 12

Mapel : Biologi

Bab : Bioteknologi

Kode : 12.4.8

#TingkatkanPrestasimu


3. Rancangan inovasi kultur jaringan pada suatu jenis tanaman (kecuali wortel)berdasarkan kombinasi ilmu pemuliaan tanaman dan bioteknologi.sajikan langkah langkah dan gambar konseptualnya


pemuliaan tanaman kultur jaringan penting dilakukan untuk kepentingan masa kini dan masa mendatang dalam bidang pertanian, industry,kesehatan, ekonomi, dan lingkungan

Penjelasan:

Dalam suatu pemuliaan tanaman kultur jaringan penting dilakukan untuk kepentingan masa kini dan masa mendatang dalam bidang pertanian, industry,kesehatan, ekonomi, dan lingkungan termasuk suatu rancangan inovasi kultur jaringan dilakukan untuk kepentingan masa kini berdasarkan kombinasi ilmu pemuliaan tanaman dan bio teknologi dalam kewirausahaan

semoga membantu.


4. jelaskan jenis tanaman apa saja yang dikembangbiakan melalui kultur jaringan​


1. anggrek

2. kina

3. kelapa sawit

4. jati mas

5. pisang abaka

6. pisang lampung

7. kayu purtih

Jadikanjawabantercerdasyakak...

5. tanaman yang dapat di kultur jaringan?​


Jawaban:

1.krisan

2.jati jabon

3.pisang

4.anggrek

Jawaban:

Contoh Tanaman Kultur Jaringan

anggrek.pisang.kelapa sawit.kecambahnya tanaman hias.tebu dan krisan.

6. Mengapa pemuliaan tanaman kultur jaringan penting dilakukan untuk kepentingan masa kini dan massa mendatang dalam bidang pertanian, industri, kesehatan, ekonomi dan lingkungan? b. Buatlah rancangan inovasi kultur jaringan pada suatu jenis tanaman (selain kultur jaringan wortel) berdasarkan kombinasi ilmu pemuliaan tanaman dan bioteknologi! Silahkan menyajikan langkah-langkah dan gambar konseptualnya.


Jawaban:

Penjelasan:

Stimulasi, Stimulasi adalah kegiatan yang bertujuan untuk merangsang otak anak untuk belajar. Orang tua berkewajiban memberikan stimulasi untuk anak, misalnya melatih bayi melakukan gerakan fisik menggunakan tangan dan kaki, serta berkomunikasi sesuai tahapan usia anak. Untuk stimulasi kecerdasan dapat menggunakan mainan bayi.


7. Jelaskan prinsip dasar dilakukannya kultur jaringan tanaman ! Apakah semua jenis tumbuhan dan bagian dari tumbuhan dapat dikultur? Jelaskan!


semua bagian tanaman dapat di kultur kara memiliki jaringan meristem yang aktif membelah. kultur jaringan paling baik digunakan sebagai bahan adalah bagian ujung akar karna memiliki jaringan meristem yang masih muda

8. Jenis tanaman yang dapat dikembangkan dengan teknik kultur jaringan?


contoh tanaman yang dpt dikembangkan dgn teknik kultur jaringan yaitu TANAMAN ANGGREK


9. Jelaskan prinsip dasar dilakukannya kultur jaringan tanaman ! Apakah semua jenis tumbuhan dan bagian dari tumbuhan dapat dikultur? Jelaskan!


Teknik kultur jaringan memanfaatkanprinsip perbanyakan tumbuhan secara vegetatif. 

Secara teori semua tanaman dan semua bagian tanaman yang masih hidup perpeluang untuk tumbuh menjadi individu baru. Kemampuan setiap tanaman untuk tumbuh menjadi individu baru ini dikenal dengan nama TOTIPOTENSI (total genetik potensi). Setiap tanaman dan setiap bagian tanaman memiliki TOTIPOTENSI. Yang menjadi persoalan adalah setiap bagian tanaman dan setiap tanaman berbeda komposisi media yang digunakan agar tanaman tersebut bisa tumbuh. Sel-sel tanaman muda lebih mudah ditumbuhkan dibanding dengan sel tua karena sudah mengalami proses diferensiasi.

10. Selain anggrek, jenis tanaman apakah yang sudah lazim di perbanyak dengan kultur jaringan?


Pisang abaka ,kelapa sawit , jati mas , pisang lampung Di beberapa negara Padi dikembang biakkan dengan cara kultur jaringan.

11. jenis tanaman apakah yang dapat dikembangbiakan dengan kultur jaringan??plisss jawab


Wortel, Pisang, Anggrektumbuhan wortel, semoga membantu

12. jenis-jenis kultur apa saja tanaman yang dapat dibuat hingga saat ini


pada tanaman dapat dilakukan kultur :
- kultur polen
- kultur embrio
- kultur anter
- kultur meristem
- kultur klorofil / kloroplas
- dll

13. Buatlah rancangan inovasi pemuliaan tanaman melalui rekayasa genetika pada suatu jenis tanaman


Jawaban dan Penjelasan:

Inovasi pemuliaan tanaman yang umum adalah pemuliaan tanaman bebas pestisida, yang membuat tanaman tahan hama tanpa pestisida.

Contoh lainnya adalah pemuliaan tanaman agar tumbuh buah yang lebih menguntungkan (misal tanpa biji, lebih besar, lebih manis, lebih banyak nutrisi, dsb).

Metode rekaya genetika yang saya tahu adalah dengan penggunaan radioaktif / nuklir oleh BATAN untuk menghasilkan bibit unggul dari tanaman untuk keperluan pertanian, perkebunan, dsb.

Semoga terbantu^

Mohon koreksi jika ada kesalahan


14. Buatlah rancangan inovasi kultur jaringan dilakukan untuk kepentingan masa kini berdasarkan kombinasi ilmu pemuliaan tanaman dan bio teknologi


Jawaban:

pemuliaan tanaman kultur jaringan penting dilakukan untuk kepentingan masa kini dan masa mendatang dalam bidang pertanian, industry,kesehatan, ekonomi, dan lingkungan

Penjelasan:

Dalam suatu pemuliaan tanaman kultur jaringan penting dilakukan untuk kepentingan masa kini dan masa mendatang dalam bidang pertanian, industry,kesehatan, ekonomi, dan lingkungan termasuk suatu rancangan inovasi kultur jaringan dilakukan untuk kepentingan masa kini berdasarkan kombinasi ilmu pemuliaan tanaman dan bio teknologi dalam kewirausahaan.

#Belajarbersamabrainly


15. Apa keuntungan dari proses pembuatan bibit tanaman melalui kultur jaringan.


tanaman menjadi unggul , hasilnya banyak , serta adanya sifat baru / generasi baru

16. Kultur jaringan tanaman adalah


Jawaban:

Akar pada tumbuhan yang berakar


17. rancangan percobaan kultur jaringan


Penelitian bioteknologi tanaman selalu didasarkan pada percobaan-percobaan. Percobaan dilakukan untuk memberikan jawaban'atas pertanyaan yang ditanyakan pada penelitian tersebut. Untuk dapat menampilkan jawaban yang baik maka perlu dirancang dengan baik. Perancangan percobaan itu meliputi perancangan perlakuan, perancangan pemberian perlakuan dan perancangan respons. Data dari hasil percobaan ini harus disajikan dan ditafsirkan. Mak- . sud makalah ini adalah untuk menyajikan perancangan percobaan, penyajian dan penafsiran data pada budidaya jaringan tanaman.

18. Berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini, berikan pendapat dan hasil pemikiran berdasarkan pertanyaan berikut. a. Mengapa pemuliaan tanaman kultur jaringan penting dilakukan untuk kepentingan masa kini dan massa mendatang dalam bidang pertanian, industri, kesehatan, ekonomi dan lingkungan? b. Buatlah rancangan inovasi kultur jaringan pada suatu jenis tanaman (selain kultur jaringan wortel) berdasarkan kombinasi ilmu pemuliaan tanaman dan bioteknologi! Silahkan menyajikan langkah-langkah dan gambar konseptualnya.


Jawaban:

Penjelasan:

Kesehatan dan gizi seimbang, Pemberian gizi dimulai dengan (ASI) eksklusif selama 6 bulan pertama sejak anak dilahirkan. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemberian makanan tambahan yang sesuai dengan periode tumbuh kembang dengan memerhatikan komposisi karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral dalam makanan. Selain makanan, setiap anak juga harus mempunyai waktu tidur yang cukup. Balita berusia 3 - 5 tahun setidaknya membutuhkan 10 - 12 jam sehari. Semakin bertambahnya usia, waktu tidur berkurang menjadi kira - kira 8 jam sehari. Kekurangan waktu tidur dapat menurunkan kekebalan tubuh. Selain itu, anak - anak yang kekurangan tidur dapat menghambat pertumbuhannya. Sebaliknya, jika anak - anak tidurnya cukup maka masa otak akan bekerja lebih baik (berkonsentrasi).


19. sebutkan jenis jenis tanaman yang paling banyak dibudidayakan melalui kultur jaringan


Kenanga , Cendana , Jeruk , Pisang , Binahong , kentang , Anggrek
semoga membantu :)

20. jenis tanaman yang dapat dikembangankan dengan teknik kultur jaringan?


Jati , sengon , akasia , tanaman anggrek ...

Video Terkait


    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar