Rabu, 01 Maret 2023

Ya Robbana Ighfirlana


Ya Robbana Ighfirlana

Sebutkan/jelaskan ya robbana

Daftar Isi

1. Sebutkan/jelaskan ya robbana


Pengarang lirik lagu berjudul Ya Robbana ini merupakan kutipan ayat Al-qur’an, yang artinya “Ya Tuhan kami, kami telah menganiyaya diri kami sendiri dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang merugi,”(QS Al-‘Araf[7]:23). Ayat ini merupakan doa yang diucapkan oleh nabi Adam a.s tak pernah berhenti untuk memohon ampunan-Nya atas sefala dosa yang pernah dibuatnya. Begitu dalam makna ayat ini, kalau kita berusaha untuk merenungkanya dan sungguh-sungguh.

Kadang karena gengsi, malu, angkuh dan harga diri, kita terpaksa mengingkari hati nurani sendiri. Padahal hati kita mengatakan bahwa apa yang diperbuat adalah salah, tetapi karena malu dan gengsi kepada orang tertentu, kita menjadi enggan mengakui kesalahan. Atau karena angkuh dan harga diri kita enggan menunjukan kesalahan sendiri. Kawan disekitarpun lebih sering mendukung bertambahnya ego, sehingga terus menerus menimbun kesalahan. Hal itu karena persahabatan yang di jalin hanya persahabatan ruhani, sehingga menutup mata hati untuk mengakui kesalahan. Persahabatan jenis seperti ini hanya akan menjerumuskan, karena persahabatan semua hanya mengedepankan gengsi dan harga diri, tanpa mengindahkan nasihat dan teguran kearah kebaikan. Biasanya justru kemaksiatan dianggap sebagai suatu yang memalukan dan menjijikan. Itulah mengapa Tuhan selalu membuka tobat pintu manusia, karena kesalahan dan dosa yang terjadi dalam hal – hal seperti itu banyak yang terjadi.
Misalnya demi mengikuti model tertentu sesorang akan mengenakan pakaian yang dianggap indah, meskipun jenis pakean itu mengumbar aurat dan mengundang birahi. Namun, lingkup pergaulan yang di miliki tidak mendukung perubahan sikap yang baik, tetapi malah menganggap sebagai hal biasa saja bahakan dianggap sebagai tuntunan zaman yang tidak bisa dielakan. Mereka justru akan mencibir dan mengejek, jika kita tidak mengikuti model seperti itu. Pada hal lain pun terjadi seperti tidak minum-minuman dianggap kampungan tidak ikut berjudi dianggap norak, ditak ikut tawuran dianggap pengecut. Tidak menyakiti dianggap tidak berani,dan seterusnya.

“Ya Tuhan kami yang menguasai hati
Kami tlah lupa senantiasa bersalah
Hanya pada-Mu hati ingin kembali
Kami telah sesat kami telah aniaya”

Keangkuhan untuk mengakui kesalahan keenggangan untuk bertobat adalah penganiayaan terhadap hati nurani. Tuhanlah yang memiliki dan menguasai hati nurani. Tuhanlah yang memiliki dan menguasai hati kita. Kadang dia menitipkan salam kepada nurani untuk mendendangkan lagu kebenaran, menunjukan kesalahan, memperingatkan perbuatan dan menegur kenistaan. Tetapi, kita menolaknya karena hati tertutup oleh nafsu nafsu negatif dan merusak. Kita menjadi lupa dengan peringatan tuhan, tidak mempedulikan teguran-Nya, melambat lambatkan waktu untuk mengubah sikap, serta mengingkari kesalahan.

Manusia memang tempatnya salah dan lupa, karena itu adalah kodrat manusia. Tetapi akankah kelalain selalu menjadi alasan atas dosa dan kesalahan yang kita perbuat, padahal hati nurani kita selalu memperingatkan kesalahan setiap saat. Sebenarnya, kalau kita mampu menumbuhkan kesadaran tentang suatu perbuatan baik atau buruk, maka sesungguhnya hal itu dapat melahirkan penyesalan untuk melakukan keburukan atau penyesalan telah melakukan kesalahan.
Penyesalan merupakan tangga pertama bagi seseorang yang melakukan tobat. Artinya jika seseorang memiliki banyak dosa, baik dosa kecil maupun dosa besar, dan jumlahnya ribuan, maka ia anggap bertobat ketika kalbunya merasa tergetar oleh rasa penyesalan, serta berusaha untuk bertobat atas apa yang tela di lakukanya. Kita juga tidak merasa bangga melakukan dosa dan kesalahan, dan jika menyenangi sama sekali apa yang telah dilakukan. Misalnya, terucap atau terdetik dalam hati, “megapa aku melakukanya, astagfirullah.”. ini merupakan bukti tobat dalam hati kita.

“Ya Tuhan kami yang Maha Mengampuni
Tiadalah tempat untuk kami kembali
Kami yang lemah tiada daya upaya.
gk cukup

2. pakaian yang dipakai Robbana adalah


gamis kyaknya.. maaf klo salah

3. Antara robbana firli sama robbifirli mana yang betul


Jawaban:

robbifirli

Penjelasan:

maaf ya kalo salah

Bismillahirrahmanirrahim


4. Tajwid robbana atina fiddunya hasanah wa file akhiroti khasanah wakina adzabannar


Penjelasan:

semoga membantu kalau ada 2 pilihan dilihat lagi hukum bacaannya misal ikhfa atau mad jaiz munfashil


5. Apakah arti Robbana Atina Fiddunya Hasanah wa fil akhiroti Hasanah waqina adzabannar​


Jawaban:

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina 'adzabannar". Artinya: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka"

Penjelasan:

hi bocah


6. Apa yang di ma`sud robbana dolamna anfusana waillam taqfirlana watarhamna lana kunanna minal khooosirin


itu adalah rangkaian doa sholat fardhu

7. Apa arti "ROBBANA 'ATINA FIDUNYA HASANA WAGFIL AKHIROTI HASANA WAQINA ADZA BANNAR"


Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari siksa neraka

8. huruf ro dari Lafadz robbana harus dibaca​


Jawaban:

tebal / tafkhim

Penjelasan:

maaf kl slh


9. Boleh kah doa robbana di ganti robbi


Jika artinya beda tidak boleh karena akan beda makna


10. Robbana Atina Fiddunya Hasanah wafil akhiroti Hasanah waqina adzabannar ( juga cuma mau tahu aja tolong tulisin alatnya ya Kak dan arti dari doa itu please )


Jawaban:

ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار

artinya : "YaAllah , beri kami kebaikan di dunia ini dan di akhirat yang baik dan selamatkan kami dari siksaan api neraka".

Penjelasan:

semoga bermanfaat


11. robbana atina fiddunya hasanah wafil akhiroti hasanah waqina adzabannar artinya doa apa.​


Jawaban:

sebelum makan

agar setan tidak makan bersama kita

dan makanan tersebut berkah buat diri kita yang menimbulkan hal hal possitif

seperti makanan tersebut menjadi tenaga

membuat tubuh kita jadi sehat

dan hal positif lainya adalah perut tidak mudah lapar

karena setan tidak makan bersama kita

Penjelasan:

tujuan= agar setan tidak ikut makan

Do'amemintakeselamatanduniadanakhirat:

رَبَّنَا ءَاتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةًوَّفِى الاَجِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَ عَذَأبَ النَّارِ

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina 'adzabannar.

Artinya : Wahai tuhan kami, kebahagiaan didunia dan kebahagiaan di akhirat dan peliharalah kami dari azab neraka.

Do'a tersebut juga terdapat didalam Al-Qur'an. Do'a tersebut di baca yang mana bertujuan untuk meminta keselamatan dari Allah baik didunia maupun di akhirat kelak.


12. robbana atina fiddunya hasanah wafil akhiroti hasanah waqina adzabannar artinya doa apa.​


Jawaban:

Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhirati hasanah wa qina ‘adzabannar.

Artinya: Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami kebajikan di dunia dan kebajikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Penjelasan:


13. Jawab Nomor 1 sampai 10 tolong ya tolong sekali Robbana Atina Fiddunya Hasanah wafil akhiroti Hasanah waqina adzabannar amiiiiinnn



1. isolator panas
2. tidak dapat menghantarkan panas
3. tembus pandang / transparan
4. bagus
5. radiasi
6. isolator dan konduktor
7. gagang panci
8. -
9. alas setrika
10. gagang setrika

14. Saat sedang I'tidal, Doni hanya membaca "Sami Allahuliman hamidah , Robbana wallakalhamdu" saja .. Apakah Bacaan tersebut terbilang sah ? Jelaskan !


Iya, tetapi pahala kita lebih sedikitboleh-boleh saja
Imam daru quthni meriwayatkan ; "ketika kami shalat dibelakang rasulullah lalu beliau mengucapkan samiAllah HulimanHamidah. Lalu para jamaah pun mengikutinya"
dan pada hadist AbuHaurairah : Nabi berkata "pada saat imam mengucapkan SamiAllah HullimanHamidah maka ucapkanlah Rabbana LakalHamdu"
Semoga bermanfaat :)



15. 3. Bacaan takbirotul ihram adalah ....a. Subhanallahb. Allahuakbarc. Samiallahuminhamidahd. Robbana walakal hamdu​


Jawaban:

b. Allahuakbar

Semogabenar;)

Jawaban:

b. Allahu akbar

Penjelasan:

اللَّهُ أَكْبَرُ

Allaahu akbar

(Arti: Allah Maha Besar)

Bacaan takbirotul ihram adalah ...

a. Subhanallah

b.Allahuakbar

c. Samiallahuminhamidah

d. Robbana walakal hamdu


16. robbana atina fiddunya hasanah wafill ahirotihasah waqinaa adabannar adalah doa


kayaknya doa keselamatan dunia dan akhiratdoa agar selamat dunia akhirat kelak

17. kalau i'tidal dalam sholat bacaannya hanya "robbana lakal hamd" aja boleh kan?​


Jawaban:

harus yang lengkap dong


18. WhatsApp Nana ishani Marsha nuridu anak Robbana anzil Alaina takunu Lana Ida ayat yang mengandung bacaan Qalqalah Sugra adalah ​


Robbana mengandung kolkolah sugra .ba Yang bertasydid


19. subhanakal laahumma robbana wabihamdikal laahummaqfirli ,apa arti darbacaan ini?​


Jawaban:

Malam lailatul qadar merupakan malam yang penuh dengan kemuliaan. Bahkan, seperti disebutkan dalam Al-Qur'an, yakni surah Al-Qadr, malam lailatul qadar lebih baik daripada seribu bulan.

Lailatul qadar datang pada setiap Ramadan. Sebagian ulama berpendapat lailatul qadar biasanya datang pada 10 malam terakhir pada bulan Ramadan, terutama malam-malam ganjil.

Akan tetapi, meski pendapat tersebut didasari sejumlah hadis, tidak diketahui secara pasti kapan lailatul qadar akan datang di salah satu malam bulan Ramadan.

Seperti dilansir laman Suara Muhammadiyah, beberapa surah di Al-Quran, seperti ad-Dukhan, al-Baqarah, dan al-Anfal, memang tidak menyebutkan tanggal pasti kedatangan lailatul qadar, yang jelas pada saat bulan Ramadan.

Oleh karena itu, demi mendapatkan kemuliaan pada malam lailatul qadar, umat Islam dianjurkan memperbanyak amalan-amalan ibadah pada setiap malam Ramadan. Membaca Al-Qur'an, berzikir, I'tikaf di masjid, melaksanakan sholat-sholat sunnah bisa diamalkan pada malam Ramadan.

Kemulian melakukan ibadah saat lailatul qadar disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah: "Siapa yang mengerjakan ibadah pada malam qadar dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu. Dan barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan, dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu," (HR. Bukhari dan Muslim).

Jadi, oleh karena tingginya kemuliaan malam lailatul qadar, siapa saja yang menjalakan ibadah di saat lailatul qadar datang, diampuni dosanya yang telah lampau oleh Allah SWT. Meski demikian, ibadah yang dijalankan ini perlu pula disertai iman yang benar dan ikhlas.

Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Adzkar yang dikutip dari laman NU Online melalui artikel berjudul "Amalan Rasulullah di Malam Lailatul Qadar," juga menjelaskan terkait doa yang bisa dibaca ketika seseorang bertemu dengan malam lailatul qadar.

Lewat tulisannya, Imam An-Nawawi mengungkapkan bahwa,"Kami riwayatkan dari sanad yang shahih dalam kitab al-Tirmidzi, An-Nasa’i, Ibnu Majah, dan lain-lain bahwa Aisyah pernah berkata, ‘Wahai Rasulullah, andaikan aku mengetahui lailatul qadar, apa yang bagus aku baca?’

Rasulullah menjawab, ‘Bacalah Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni’ (Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, menyukai orang yang minta ampunan, ampunilah aku)."

Berikut doa amalan lailatul qadar dalam tulisan Arab, latin, berserta artinya.

اَللَّهُمَّ اِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni’

Artinya: "Ya Tuhanku, sesungguhnya Engakau Dzat Maha Pengampun, dan menyukai memberikan pengampunan kepada hamban-Nya, maka ampunilah kesalahanku."

Jawaban:

artinya : ya tuhan ku sesungguhnya engkau Dzat maha pengampun dan menyukai memberikan pengampun kepada hamba-nya,maka ampunilah kesalahanku

Penjelasan:

maaf kalo salah ya


20. "Robbana taqobbal minnaa sholaatanaa wa shiyaamanaa" artinya ... *mohon dijawab...​


Jawaban:

“Ya Allah, terimalah shalat kami, puasa kami"

Penjelasan:

semoga bermanfaat

maaf kalo salah

Jawaban:

maafkan aku wahai yang memberi ampunan kepada orang orang yang berbuat dosa

Penjelasan:

maaf kalau salah


Video Terkait


    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar